Sistem Informasi Pelayanan Cuti Berbasis Web Pada PT Pupuk Iskandar Muda Menggunakan PHP dan MySQL

Sujacka Retno, Lidya Rosnita, Said Fadlan Anshari

Abstract


Pada era-globalisasi ini teknologi informasi menjadi alat dasar yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang ada. Dengan menggunakan teknologi informasi keakuratan dan kecepatan akses data akan lebih mudah di jalankan. PT Pupuk Iskandar Muda merupakan pabrik pupuk urea ke-11 di Indonesia dan pabrik ke-2 di Provinsi Aceh. Proses pengelolaan cuti pada PT Pupuk Iskandar Muda saat ini masih dilakukan secara manual. Proses pengelolaan cuti tersebut memiliki beberapa kelemahan. Karyawan tidak bisa mengetahui sisa hak cuti pribadi dan pengambilan cuti oleh rekan kerja secara langsung, sehingga karyawan tidak bisa melakukan manajemen cuti dengan baik.Pimpinan juga belum dapat mengambil keputusan cuti berdasarkan prinsip pemerataan hak cuti karyawan. Kelemahan yang lain adalah proses pengurusan cuti karyawan kurang efektif dan efesien. Dalam menyelesaikan masalah tersebut, penulis merancang sebuah sistem dengan menggunakan pemodelan ERD dan DFD, Personal Home Page (PHP) dan menggunakan basis data MySQL. Dengan adanya sistem pelayanan cuti di PT Pupuk Iskandar Muda ini, karyawan akan bisa lebih mudah untuk mengakses masalah percutian.

References


Hawani, F. (2019). Sistem Informasi Pengajuan Cuti Karyawan Berbasis WEB menggunakan Framework CodeIgniter. Jurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis, Vol 1(1), 177-184.

Hasdyna, N., & Retno, S. (2022). Machine Learning Approach to Determine the Drug-Prone Areas in Lhokseumawe City, Indonesia. International Journal of Multidiciplinary Research and Analysis, Vol 5(9), 2354-2464.

Jogiyanto (2008). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Penerbit Yogyakarta, Andi Publisher.

Retno, S., Dinata, R.K., & Alfika, S. (2022). Sistem E-Arsip Surat Berbasis Web Pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kab. Aceh Tamiang. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 6(2), 91-100.

Setyabudhi, A.L (2017). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Absensi dan Pengambilan Surat Cuti Kerja Berbasis Web. Jurnal Responsive Teknik Informatika, 1(1), 11-22.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Penerbit Yogyakarta, Andi Publisher.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v14i1.12076

Article Metrics

 Abstract Views : 176 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).