PERAN POLRI TERHADAP PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN (STUDI KASUS DI KEPOLISIAN RESOR ACEH TIMUR)

Musafirul Hadi, Malahayati Malahayati, Marlia Sastro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Polisi terhadap penanggulangan tindak pidana Pencurian dengan kekerasan. Dengan mengkaji Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia dapat mengetahui tugas dan fungsi sehingga polisi berperan seperti apa, bila terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan, hambatan-hambatan dalam penanggulangan tindak pidana pencurian dengan kekerasan, serta upaya dalam menanggulangi hambatan-hambatan dalam rangka penanggulangan tindak pidana pencurian dengan kekerasan di wilayah Kepolisian Resor Aceh Timur. Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian hukum Yuridis Empiris dan Yuridis Normatif. Sumber data adalah data primer dan data sekunder, pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, bahwa peran Polri dalam penegakan hukum terhadap pelaku pencurian dengan kekerasan masih rendah, banyaknya kasus pencurian dengan kekerasan yang terjadi di wilayah Kepolisian Polres Aceh Timur yang tidak terselesaikan. Peran Polres Aceh Timur hanya mencakup cara preventif yaitu cara mencegah terjadinya pencurian, cara represif yaitu menindak tegas terhadap pelaku kejahatan. Hambatan Polres Aceh Timur dalam menanggulangi Tindak Pidana pencurian dengan kekerasan meliputi kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjadi saksi dalam sebuah kasus, lambatnya informasi, tidak ditemukannya barang bukti, dan kurangnya personel dalam Kepolisian. Upaya penanggulangan tindak pidana pencurian dengan kekerasan dilakukan melalui operasi rutin, operasi khusus, sistem buru sergap, dan gerilya kota

Keywords


Peran, Polri, Pencurian dengan Kekerasan.

Full Text:

PDF

References


Kansil, C.S.T, (1986), “Pengantar Ilmu dan Tata Hukum Indonesia”, Jakarta: Balai Pustaka.

Kartono Kartini, (2014), “Patologi Sosial”, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ilyas, Amir, 2012, Asas-asas Hukum Pidana, Yogyakarta. Rangkang Education.

Soerjono Soekanto, (2005), “Efektivitas Hukum dan Peranan Sanksi”, Bandung: Remaja Karya

-----------------------, (2007), “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum”, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mukhsalmina, Mukhlis, Yusrizal, (2021), Peran Kepolisian, BNNP Dan Masyarakat Dalam Penanggulangan Narkotika Di Aceh Timur, Suloh: Jurnal Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Vol. 9, No. 2.

Ramlan & Rizki Rahayu Fitri, (2020), Perlindungan Hukum Bagi Tenaga Kerja Dari Tindakan PHK Perusahaan Di Masa COVID-19, Suloh Jurnal Program Studi Magister Hukum, Edisi Khusus, Vol 8, No. 2.

Sutia Fadli1, T. Nazaruddin2 , Mukhlis, (2019), Tanggung Jawab Negara Terhadap Kebakaran Hutan Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Hukum Internasional, Suloh: Jurnal Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Vol. 7, No. 2.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29103/sjp.v10i1.7946

Article Metrics

 Abstract Views : 200 times
 PDF Downloaded : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Musafirul Hadi, Malahayati Malahayati, Marlia Sastro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PRINT ISSN: 1693-7074
ONLINE ISSN: 2715-5455


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.