KEBERADAAN NASKAH AKADEMIK DALAM PEMBENTUKAN QANUN ACEH

Bakillani Bakillani, Mukhlis Mukhlis, Yusrizal Yusrizal

Abstract


Salah satu proses pembentukan Peraturan Perundang-undangan adalah penyusunan Naskah Akademik. Melalui kajian dan penyusunan Naskah Akademik diharapkan merespon kebutuhan peraturan perundang-undangan  yang harus dibentuk dan dapat memperjelas tujuan suatu Qanun tersebut dibentuk dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Namun, dalam kenyataannya keberadaan Naskah Akademik sering diabaikan dalam penyusunan Rancangan Qanun. Padahal salah satu upaya untuk mengantisipasi pembentukan Qanun yang asal jadi maka harusnya Naskah Akademik sangatlah diperlukan. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dan Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2011 telah memberikan pengaturan yuridis terhadap kedudukan Naskah Akademik dalam Pembentukan Qanun Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan dan pentingnya Naskah Akademik dalam pembentukan Qanun Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif. Data diperoleh melalui penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan beberapa pendekatan, diantaranya pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan perundang-undangan (statute approach). Analisis data dilakukan secara preskriptif (Prescriptive analysis). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kedudukan Naskah Akademik dalam pembentukan Qanun Aceh merupakan bukan suatu kewajiban mutlak yang harus disertai dalam setiap Rancangan Qanun Aceh. Walaupun fungsi Naskah Akademik dalam pembentukan Qanun Aceh sangat besar karena Naskah Akademik adalah Naskah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah mengenai pengaturan masalah tertentu dalam suatu Rancangan Qanun Aceh. Disarankan agar kedudukan Naskah Akademik dalam pembentukan Qanun diperkuat melalui Qanun Aceh, Pemerintah Aceh dan DPRA agar memperhatikan Naskah Akademik yang dibuat sesuai dengan semestinya.


Keywords


Position, Academic Text, Aceh Qanun

Full Text:

PDF

References


Ann Seidman, Robert B. Seidman, dan Nalin Abeyeskere, (2001), (terjemahan), “Penyusunanan Rancangan Undang-udang dalam Perubahan Masyarakat yang Demokratis: sebuah Panduan untuk Pembuat rancangan Undang-undang”, terjemahan, Edisi kedua, Proyek Elips II, Jakarta: Departemen kehakiman dan HAM Republik Indonesia.

Chalid Narbuko dan Abu Ahmad, (2007), “Metode Penelitian”, Jakarta: Bumi Aksara.

Jazim Hamidi dan Kemilau Mutik, (2011), “Legislatif Drafting”, Yogyakarta: Total Media.

Jimly Asshiddiqie, (2006), “Perihal Undang-Undang di Indonesia, Jakarta: Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia”.

Lexy J. Moleong, (2009), “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mayhendra Putra Kunia, Emilda Kuspraningrum, Ivan Zairani Lisi, (2007), Pedoman Naskah Akademik PERDA Partisipatif (Urgensi,Strategi, dan Proses bagi Pembentukan Perda yang Baik), Yogyakarta: Kreasi Total Media

Mukhlis Taib, (2017), “Dinamika Perundang-Undangan di Indonesia”, Bandung: Refika Aditama.

Peter Mahmud Marzuki, (2010), “Penelitian Hukum”, Edisi Revisi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Putera Astomo, (2018), “Ilmu Perundang-Undangan: Teori dan Praktik di Indonesia”, Depok: Rajawali Pers.

Soerjono Soekanto, (1982), “Sosiologi Hukum dalam Masyarakat”, Jakarta: Rajawali.

Yuliandri, (2011), “Azas-azas Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan yang Baik, Gagasan Pembentukan Undang-undang Berkelanjutan”. Cetakan Ketiga. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Ade Suraeni, (2010), Proses Penyusunan Program Legislasi Daerah, Makalah, disampaikan pada diklat legal drafting badan pendidikan dan pelatihan provinsi Sualwesi Tenggara.

Bambang Ariyanto, (2020), Pengelolaan Hubungan Pusat dan Daerah dalam Penangganan Pandemi Covid-19, Suloh Jurnal Program Studi Magister Hukum, Edisi Khusus, vol. 8, No. 2.

Fajar Adi Putra, (2021), Implementasi Peraturan Gubernur Aceh Nomor 5 Tahun 2018 di Kabupaten Aceh Timur, Suloh: Jurnal Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Vol. 9, No. 1.

Victor Juzuf Sedubun, (2020), Pembentukan Produk Hukum Daerah Selama Pandemi Covid-19, Suloh Jurnal Program Studi Magister Hukum, Edisi Khusus, Vol. 8 No. 2.

C. Internet

Abdul Wahid, “Penyusunan Naskah Akademik”, Makalah, www.legalitas.org

https://kbbi.web.id/, diakses pada tanggal 24 Januari 2020.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, LN No. 82 Tahun 2011

Qanun Nomor 5 Tahun 2011 tentang Tata Cara pembentukan Qanun, Lembaran Aceh Nomor 10 Tahun 2011, Tambahan Lembaran Aceh Nomor 38.




DOI: https://doi.org/10.29103/sjp.v10i1.7932

Article Metrics

 Abstract Views : 345 times
 PDF Downloaded : 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bakillani Bakillani, Mukhlis Mukhlis, Yusrizal Yusrizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PRINT ISSN: 1693-7074
ONLINE ISSN: 2715-5455


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.