Konsep Finite State Machine dan implementasinya pada Game

Asrianda Asrianda, Zulfadli Zulfadli

Abstract


Game merupakan  sesuatu yang digunakan untuk bermain yang dimainkan dengan aturan-aturan tertentu. Penerapan FSM banyak digunakan dalam gameuntuk mendapatkan variasi respon NPC (Non Playable Charackter) antar pemain pada sebuah game. Sistem melakukan aksi yang sama pada state sampai sistem menerima event, baik berasal dari perangkat luar atau komponen sistem itu
sendiri. Setiap state terhubung oleh transisi yang mengarah ke satu state lainnya.  Dalam Game ini proses FSM berjalan dengan mendapatkan aturan jika misi
terselesaikan atau quest terpenuhi, maka akan berpindah state ke level berikutnya, dan apabila misi tidak terselesaikan atau quest tidak terpenuhi makan akan tetap pada state awal. NPC diprogram untuk melakukan tugas atau peran tertentu kepada pemain dengan memberikan misi, atau membantu dalam pertempuran atau sekedar berjalan-jalan untuk memberikan ramainya suasana.

Keywords


Game, FSM, NPC, system, mission

Full Text:

PDF

References


Adi. W, Surya., Susi. J, Supeno. M, S, N. Hariadi. M. 2009. Desain Fuzzy State Machine Untuk Menghasilkan Variasi Respon NPC (Non-Playable Character) Pada Sebuah Game. Program Studi MMT-ITS.

Agustin, Aldino. E, Susanti, Rahmadden. 2021. Implementasi Metode Finite State Machine pada Permainan Tradisional Setatak Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Vol 8 no 2. Hal 738-751

Dhebys. S, H, Mungki. A, Farhan . A, A. 2020. Implementasi FSM (Finite State Machine) pada Game Surabaya Membara. JIP (Jurnal Informatika Polinema). Vol 6 no 2. Hal 11-17

Fadel. M, Mukti. Q. 2017. GAME RPG “The Royal Sword” Berbasis Desktop dengan Menggunakan Metode Finite State Machine (FSM). Jurnal Sistem Informasi. Vol 1 no 2. Hal 61-96

Gunawan. D, thariq,. A, Aswandi. A. 2017. “Meningkatkan Behaviour Npc Pada Game 3d Survival Menggunakan Metode Markov”. J. Infomedia, vol. 2, no. 1, pp. 7–12. doi: 10.30811/.v2i1.477.

Purba. K, R, Hasanah. R, N, Muslim. M, A, 2013. “Implementasi Logika Fuzzy Untuk Mengatur Perilaku Musuh dalam Game Bertipe Action-RGP,” J. EECCIS, vol. 7, no. 1, pp. 15–20, [Online]. Available: https://www.academia.edu/6451915/Implementasi_Logika_Fuzzy_Untuk_Mengatur_Per ilaku_Musuh_dalam_Game_Bertipe_Action-RPG

Rahadian. M, F, Suyanto. Maharani. A, S. 2016. PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME “THE RELATIONSHIP”. Jurnal Informatika Mulawarman. vol 11 no 1. Hal 14-22

Ricky. S, Yeni. A, N. 2017. Implementasi Metode Finite State Machine Pada Pengembangan Game Role Playing Games. Di download pada http://repository.teknokrat.ac.id/1946/1/Jurnal_Ricky%20Saputra_13312587.pdf. Tanggal 19 Juni 2022

Setiawan. I. 2006. Perancangan Software Embedded System Berbasis FSM. Semarang: Universitas Diponegoro.

Usman. N, Hendra. P, Firgiawan. Z. A. 2020. Analisis Perilaku Non-Playable Character Pada Game Menggunakan Fuzzy Sugeno. Techno.COM, Vol. 19 no 3. Hal 308-320

Wang, Jiacun. 2019.. Formal Methods in Computer Science. CRC Press. hlm. 34. ISBN 978-1-4987-7532-8.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i1.8352

Article Metrics

 Abstract Views : 335 times
 PDF Downloaded : 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asrianda Asrianda, Zulfadli Zulfadli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.