Konsep Finite State Machine dan implementasinya pada Game
Abstract
sendiri. Setiap state terhubung oleh transisi yang mengarah ke satu state lainnya. Dalam Game ini proses FSM berjalan dengan mendapatkan aturan jika misi
terselesaikan atau quest terpenuhi, maka akan berpindah state ke level berikutnya, dan apabila misi tidak terselesaikan atau quest tidak terpenuhi makan akan tetap pada state awal. NPC diprogram untuk melakukan tugas atau peran tertentu kepada pemain dengan memberikan misi, atau membantu dalam pertempuran atau sekedar berjalan-jalan untuk memberikan ramainya suasana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi. W, Surya., Susi. J, Supeno. M, S, N. Hariadi. M. 2009. Desain Fuzzy State Machine Untuk Menghasilkan Variasi Respon NPC (Non-Playable Character) Pada Sebuah Game. Program Studi MMT-ITS.
Agustin, Aldino. E, Susanti, Rahmadden. 2021. Implementasi Metode Finite State Machine pada Permainan Tradisional Setatak Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Vol 8 no 2. Hal 738-751
Dhebys. S, H, Mungki. A, Farhan . A, A. 2020. Implementasi FSM (Finite State Machine) pada Game Surabaya Membara. JIP (Jurnal Informatika Polinema). Vol 6 no 2. Hal 11-17
Fadel. M, Mukti. Q. 2017. GAME RPG “The Royal Sword” Berbasis Desktop dengan Menggunakan Metode Finite State Machine (FSM). Jurnal Sistem Informasi. Vol 1 no 2. Hal 61-96
Gunawan. D, thariq,. A, Aswandi. A. 2017. “Meningkatkan Behaviour Npc Pada Game 3d Survival Menggunakan Metode Markov”. J. Infomedia, vol. 2, no. 1, pp. 7–12. doi: 10.30811/.v2i1.477.
Purba. K, R, Hasanah. R, N, Muslim. M, A, 2013. “Implementasi Logika Fuzzy Untuk Mengatur Perilaku Musuh dalam Game Bertipe Action-RGP,” J. EECCIS, vol. 7, no. 1, pp. 15–20, [Online]. Available: https://www.academia.edu/6451915/Implementasi_Logika_Fuzzy_Untuk_Mengatur_Per ilaku_Musuh_dalam_Game_Bertipe_Action-RPG
Rahadian. M, F, Suyanto. Maharani. A, S. 2016. PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME “THE RELATIONSHIP”. Jurnal Informatika Mulawarman. vol 11 no 1. Hal 14-22
Ricky. S, Yeni. A, N. 2017. Implementasi Metode Finite State Machine Pada Pengembangan Game Role Playing Games. Di download pada http://repository.teknokrat.ac.id/1946/1/Jurnal_Ricky%20Saputra_13312587.pdf. Tanggal 19 Juni 2022
Setiawan. I. 2006. Perancangan Software Embedded System Berbasis FSM. Semarang: Universitas Diponegoro.
Usman. N, Hendra. P, Firgiawan. Z. A. 2020. Analisis Perilaku Non-Playable Character Pada Game Menggunakan Fuzzy Sugeno. Techno.COM, Vol. 19 no 3. Hal 308-320
Wang, Jiacun. 2019.. Formal Methods in Computer Science. CRC Press. hlm. 34. ISBN 978-1-4987-7532-8.
DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i1.8352
Article Metrics
Abstract Views : 335 timesPDF Downloaded : 113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Asrianda Asrianda, Zulfadli Zulfadli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Malikussaleh |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.