RANCANG BANGUN DAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PETUGAS PIKET DAN LAYANAN INFORMASI BERBASIS MEDIA WEB

Sayed Fachrurrazi, Muhammad Ghaffar Shidqi, Arief Rahman

Abstract


Rancangan dan aplikasi sistem informasi sangat diperlukan untuk membuat pekerjaan lebih gampng dan mudah urusanya pada semua jenis bidang.  Banyak kegiatan seperti penjadwalan absensi yang dilakukan dengan mudah dan tidak repot pada waktu melihat dan merekap absensi pada waktu sekarang ini. Permasalahan selama ini masih manual absen yang dikembangkan dan belum adanya system yang bagus dalam melihat jadwal khutbah dan imam yang dapat dilihat oleh semua elemen masyarakat dan perlunya Pendataan Jadwal dengan berbasis web. Saat ini, pada kantor semua pencatatan khatib dan imam yang berada di kota  Lhokseumawe sistem pendataan yang digunakan ialah sistem manual berupa pendataan jadwal penyiaran yang menggunakan Microsoft Word oleh petugas. Metodologi perancangan sistem ini berdasarkan dengan sistem manual yang masih berlaku, yaitu seorang petugas menginput data jadwal siaran yang berjalan pada hari tersebut dan kemudian dapat dicetak lalu dikelola kembali oleh petugas tersebut. Dari kerja petugas ini menghasilkan sistem aplikasi data jadwal imam dan khatib berbasis web sehingga petugas bagian penyiaran dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif. perancangan sistem dengan model UML (Unified Modeling Language) dengan karyawan/petugas, imam dan khatib juga dalam manajemen sebagai aktor utama dalam aplikasi berbasis web ini, sehingga terbentuklah sebuah rancangan menambahkan atau mengisi data imam dan khatib, data petugas kebersihan yang telah diatur sedemikian rupa, kemudian data tersebut pun tersimpan dan dapat diubah sewaktu-waktu apabila diperlukan. Data juga secara otomatis dapat dicetak dalam bentuk excel maupun PDF. Hasil penelitian ini membantu dan meringankan pimpinan dalam membuat jadwal dan apabila ada perubahan dapat diganti dengan mudah tanpa terkendala waktu dan tempat dan aplikasi  dapat dikembangkan lebih lanjut seiring berjalannya waktu sesuai dengan kebutuhan


Full Text:

PDF

References


A. H. Hendri and Mochammad Arief Sutisna, “Article Desktop Based National Police Commission Activities Information System,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 14–23, 2021, doi: 10.37859/coscitech.v2i1.2393.

Alfauzy, M., Aulia, H. F., Poningsih, P., Andani, S. R., & Solikhun, S. (2020, February). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjadwalan Rapat Pegawai Pada Kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Pematangsiantar. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1, pp. 218-223).

Ernain, E., Rusliyawati, R., & Sinaga, I. (2011). Sistem Pendukung Keputusan Pembiayaan Mikro Berbasis Client Server Studi Kasus Pada Perusahaan Pembiayaan Bandar Lampung. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Fitriana, S. (2021). Sistem informasi penjadwalan kursus berbasis website pada lpk perwira. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 9(4)

Fachrurrazi, S., & Hizli, H. (2021). Digital Signage Sebagai Media Layanan Informasi. Jurnal Sistem Informasi, 5(2).

Lihawa, R. D. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Pelatihan Pegawai Di Dinas Pendidikan Dan Pelatihan Daerah Lampung. Jurnal Ilmu Data, 1(2).

Marwati, S., Pudjiantoro, T. H., & Santikarama, I. (2020). Penerapan Algoritma HRN pada Sistem Informasi Penjadwalan Mekanik di Ditech Injection. Prosiding SISFOTEK, 4(1), 30-34.

M. S. Janry Haposan U. P. Simanungkalit, S.Si., “KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI ( Review ),” Lect. Notes Sist. Inf., pp. 1–10, 2012.

M. O. Fitri and S. B. Data, “Awebserver sebagai alternatif pengganti xampp pada platform android,” Ournal.Uin-Alauddin.Ac.Id, pp. 245–252, 2017.

M. Jannah and Sarwandi, Mahir Bahasa Pemrograman PHP. Jakarta: PT. Gramedia, 2019.

Nurjaya, N. (2021). Perancangan Sistem Informasi Akademik pada SMP Al-Mustofa Berbasis Web. Scientia Sacra: Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat, 1(2), 28-42.

Nuris, N. D. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Kehadiran Berbasis Android. MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 150-154.

Syafriani, C. D., & Fachrurrazi, S. (2020). Sistem Informasi Pengajuan Judul Tugas Akhir Dan Konsultasi Skripsi Berbasis Web Di Teknik Kimia Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. JURNAL SISTEM INFORMASI, 4(1).

Sidi, Y. A. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pencari Kajian Sunnah Islam Berbasis Web. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis), 1(4).

Setyawan, S. W., Witanti, W., & Hadiana, A. I. (2020, February). Sistem Informasi Penjadwalan Produksi Pada PT Nickel Chrome Indo Jaya. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1, pp. 117-121)

Ula, M., Pratama, A., Asbar, Y., Fuadi, W., Fajri, R., & Hardi, R. (2021, April). A New Model of The Student Attendance Monitoring System Using RFID Technology. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1807, No. 1, p. 012026). IOP Publishing.

Ula, M., Ulva, A. F., Mauliza, M., Sahputra, I., & Ridwan, R. (2021). Implementation of Machine Learning in Determining Nutritional Status using the Complete Linkage Agglomerative Hierarchical Clustering Method. Jurnal Mantik, 5(3), 1910-1914.

Virginiawan, V., & Fachrurrazi, S. (2019). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Di Smk Farmasi. Jurnal Sistem Informasi, 3(1).

Zikrina, Z., & Ula, M. (2019). Sistem Informasi Kepegawaian Pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bireuen. Jurnal Sistem Informasi, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i1.7986

Article Metrics

 Abstract Views : 380 times
 PDF Downloaded : 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sayed Fachrurrazi, Muhammad Ghaffar Shidqi, Arief Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh