Aplikasi Reminder Jadwal Kegiatan Berbasis Mobile

Veri Ilhadi, Danil Ardiansyah, Muthmainnah Muthmainnah

Abstract


Teknologi informasi yang dalam aplikasi reminder untuk jadwal kegiatan sangat diperlukan. Aplikasi reminder sangat penting dalam mengatur semua jadwal pada kegiatan kampus dan kegiatan lainnya. permasalahan yang dihadapi sekarang ini adalah banyaknya kegiatan yang harus diingat sehingga aplikasi reminder berbasis android sangat diperlukan untuk semua kegiatan. Aplikasi reminder dapat digunaka dalam pekerjaan sehari-hari seperti pekerjaan rumah, tugas kantor, dan kegiatan lainnya yang dianggap penting terkadang kita lupa dan sering melewatinya. Namun hal tersebut dianggap wajar karena sel-sel pada organ tubuh manusia akan mengalami penuaan seiring pertambahan usia tak terkecuali pada otak manusia. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aplikasi untuk membantu mengingat melakukan kegiatan sesuai jadwal. Aplikasi yang dibangun ini memiliki fitur Pop Up Reminder yang bisa membuka otomatis perangkat dari user tersebut untuk memberi pengingat. Sistem ini menggunakan bahasa JAVA dan dibuat menggunakan Android Studio dan menggunakan database lokal SQLite. Pada bagian sistem juga terdapat progres mingguan yang dapat menjadikan Aplikasi ini mejadi lebih menarik. Sistem ini diharapkan dapat membantu pengguna dalam mengingat jadwal kegiatan sehari-hari. hasil dari penelitian ini adalah adanya aplikasi reminder pada tahap pengujian pop up yang dapat dilihat sesuai dengan jadwal yang diberikan. terakhir aplikasi dapat dikembangkan dengan perpaduan mobile dan gateway yang saling terkoneksi antar mobile.


Full Text:

PDF

References


Arya, H. D. A., Anshori, M. A., & Hariyadi, A. (2022). Design and Build a Billing Reminder Communication System for Kiosks in Urban Areas Based on Android. Jurnal Jaringan Telekomunikasi, 12(1), 32-39.

Aris, A. (2020). Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing Dengan Penerapan Algoritma Forward Chaining (Stusi Kasus: PT Idemas Solusindo Sentosa). Jurnal Ilmu Teknik Dan Komputer, 4(1). https://doi.org/10.22441/jitkom.2020.v4.i1.010

A. E. Rakhmania, M. Taufik and M. Sa’adah, "Centralized Post Paid Water Meter Controller Using Wireless Sensor Network," 2019 International Conference on Advanced Mechatronics, Intelligent Manufacture and Industrial Automation (ICAMIMIA), 2019, pp. 302-305.

Darnita, Y., & Muntahanah, M. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Penjadwal Perkuliahan Dengan Firebase Dengan Realtime Notification. Pseudocode, 8(1). https://doi.org/10.33369/pseudocode.8.1.58-65

Dinata, R. K., & Risawandi, O. H. (2021). Aplikasi Mobile Salary Report Menggunakan Firebase Berbasis Android Pada PT ISMATIUR.

Efendi, Y. (2018). Internet Of Things (Iot) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile. JURNAL ILMIAH ILMU KOMPUTER, 4(2). https://doi.org/10.35329/jiik.v4i2.41

Hayati, Z. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Dan Hasil di MAN Krueng Geukueh Aceh Utara. Skripsi.

Ikram, M. F. D., Fachrurrazi, S., & Fhonna, R. P. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Membangun Android Application For Beginners Berbasis Multimedia. Jurnal Sistem Informasi, 5(2).

Indriani, A. A., Ratnawati, R., & Wanita, F. (2019). Aplikasi Reminder Pengontrolan Perawatan Gigi Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.35585/inspir.v9i1.2490

Lusiawati, I. (2017). Pengembangan otak dan optimalisasi sumber daya manusia. Tedc, 11(2).

Setiawan, S. (2020). Pengertian Database Dan Perangkat Lunak. Gurupendidikan.Com.

R. M. Akbar, and Z. Arifin, “Hospital queue control system using Quick Response Code (QR Code) as verification of patient’s arrival,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 10, no. 8, 2019.

Syahputra, E. R. (2021, October). Rancang Bangun Sistem informasi Pengingat Status Paket Dengan Berbasis SMS Gateway Pada Logistik. In SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (Vol. 1, No. 1, pp. 364-371).

Singgih, N. and Desmira (2014) „Rancang Bangun Sistem Informasi Pengingat Jadwal Pembayaran Angsuran Berbasis Sms Gateway‟, Jurnal Sistem Informasi, 1(1), pp. 21–28.

Suryadi, R., Pratama, A., & Phonna, R. P. (2020). Sistem Informasi Manajemen Perbengkelan Jasa Servis Dan Penjualan Suku Cadang Berbasis Web Dan Android Studi Kasus Di Farasat Jaya Motor Kota Langsa. Jurnal Sistem Informasi, 4(1).

Putra, S. S., Susilo, G., & Sundari, C. (2019). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lahan Pertanian Tembakau Di Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Jurnal TRANSFORMASI (Informasi & Pengembangan Iptek), 15(2).




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i1.7974

Article Metrics

 Abstract Views : 609 times
 PDF Downloaded : 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Veri Ilhadi, Danil Ardiansyah, Muthmainnah Muthmainnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh