Sistem Informasi Manajemen Data Surat Dengan Algoritma Blowfish

Essay Puspita Sitopu, Nurul Khairina, Rizki Muliono, Muhathir Muhathir

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini menuntut kita untuk mampu mengikuti perkembangannya. Komunikasi secara digital di era modern dapat menjadi salah satu ancaman akan adanya penyadapan, penyalahgunaan informasi, dan pencurian data penting yang tidak diinginkan oleh pihak yang tidak berwenang. Apalagi jika informasi tersebut bersifat rahasia dan memliki ruang lingkup yang luas dalam kenegaraan. Oleh karena itu, keamanan penyimpanan data menjadi sangat penting. Data yang terdapat pada surat masuk ataupun surat keluar dalam satu sekolah juga memliki kerahasiaan yang harus dijaga, kemana surat dikirimkan dan dari mana surat berasal juga menjadi salah satu hal yang perlu dijaga kerahasiannya. Atas dasar inilah peneliti ingin membangun sistem informasi manajemen surat yang berfokus pada penyimpanan data surat atau database surat. Dari berbagai metode penyandian yang ada hingga saat ini, salah satunya adalah metode Kriptografi Blowfish yang menggunakan blok cipher 64-bit dengan panjang kunci variabel. Proses enkripsi pada penelitian ini merupakan proses memberikan kunci rahasia pada surat tersebut agar surat tersebut berubah menjadi tulisan sandi yang tidak dapat dipahami oleh pihak yang tidak berwenang. Proses deskripsi merupakan proses menterjemahkan kembali surat yang telah terahasia agar pihak sekolah dapat membaca surat yang dimaksud. Dari hasil pengujian sistem informasi, sistem informasi manajemen surat dapat menerapkan Algoritma Blowfish dengan baik, hal ini ditandai dengan adanya perubahan nomor surat, tanggal pengiriman surat serta tujuan pengiriman surat pada saat proses enkripsi maupun pada saat proses dekripsi.


Full Text:

PDF

References


Almuwaffaq, M. H., Hadiana, A. I., & Sabrina, P. N. (2022). Data Encryption Pada File Video Menggunakan Algoritma Blowfish Berbasis Android. Informatics and Digital Expert (INDEX) , 33-39.

Farell, G., Saputra, H. K., & Novid, I. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyusur (Studi Kasus Fakultas Teknik UNP) . Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan , 55-62.

Faisal, A., & Khairina, N. (2020). Sistem Informasi Administrasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Dinas Pendidikan Kota Medan. REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 267-275.

Maradona, H., & Basorudin. (2017). Analisis Algoritma Blowfish Pada Proses Enkripsi Dan Dekripsi File . Riau Journal Of Computer Science , 156-168.

Marthasari, G. I., Risqiwati, D., & Wibowo, H. (2016). Aplikasi Berbasis Web untuk Mempermudah Pengarsipan Surat. Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA) , (pp. 57-60).

Meko, D. A. (2018). Perbandingan Algoritma DES, AES, IDEA Dan Blowfish dalam Enkripsi dan Dekripsi Data . Jurnal Teknologi Terpadu , 8-15.

Mujito, M., & Susilo, A. B. (2016). Aplikasi Kriptografi File Menggunakan Metode Blowfish dan Metode Base64 pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan . Jurnal SISFOKOM, 54-60.

Santi, D., & Tongkuru, M. K. (2020). Sistem Informasi Pengarsipan Surat- Surat pada PT Sinergi Perkebunan Nusantara. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS , 51-60.

Simanullang, H. G., & Silalah, A. P. (2018). Algorithmv Blowfish untuk Meningkatkan Keamanan Database MYSQL. Harlen Gilbert Simanullang; Arina Prima Silalah, 10-14.

Suhandinata, S., Rizal, R. A., Wijaya, D. O., Warren, P., & Srinjiwi. (2019). Analisis Performa Kriptografi Hybrid Algoritma Blowfish dan Algoritma RSA . JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi) , 1-10.

Wedyawati, V., Elmawati, & Akhir, K. I. (2018). Perancangan Aplikasi Pengarsipan Surat Program Studi Sistem Informasi pada Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang Menggunakan VB NET 2010 . Jurnal Sains dan Teknologi, 1-9.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i1.7964

Article Metrics

 Abstract Views : 14 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh