Pengembangan Forum Diskusi Umum Berbasis Web Prodi Sistem Informasi Universitas Malikussaleh

Rahma Fitria, Eka Susanti, Desvina Yulisda

Abstract


Forum diskusi umum adalah media penyalur aspirasi untuk bermusyawarah secara umum yang berupa ide, gagasan, serta pertanyaan dalam pemecahkan masalah. Kegiatan berdiskusi dapat membahas antar mahasiswa dalam membahas segala persoalan. Dari permasalah tersebut forum diskusi umum yang telah dirancang bertujuan untuk pembelajaran bagi mahasiswa program studi sistem informasi universitas malikussaleh agar diskusi yang dilakukan terpusat, dimanapun, kapanpun serta mendapatkan manfaat bukan hanya untuk yang bertanya tetapi juga semua pengguna yang terkait. Hasil dari forum diskusi umum yang dibangun untuk program studi sistem informasi merupakan tempat berinteraksi antara mahasiswa dengan mahasiswa lainnya untuk kepentingan secara umum. Hasil uji coba pada Forum diskusi umum berbasis ini dapat digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi agar menghasilkan pendapat yang akurat serta relevan. Di harapkan forum diskusi ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa di prodi sistem informasi Universitas Malikussaleh dan dapat menjadi panduan pembuatan forum diskusi bagi prodi lainnya.


Full Text:

PDF

References


A. S., Rosa & Shalahuddin . (2018). M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Aan Tamim Maarif. (2020, april 9). 3 macam relasi tabel database berserta contohnya. Retrieved from https://aantamim.id/relasi-tabel-database

Ariata C. (2021, Agustus 13). Apa Itu Boostrap dan Fungsinya. Retrieved from Glosarium: https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-bootstrap

Ariata C. (2021, juni 9). Apa Itu JavaScript. Retrieved from Glosarium: https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-javascript

Amri, F., & Ula, M. (2019). Aplikasi Sistem Informasi Dalam Tata Kelola Data Perbaikan Hardware. Jurnal Sistem Informasi, 3(2).

Apriani, Y., Rusdiawan, R., Asrin, A., Fahruddin, F., & Muhaimi, L. (2021). Manajemen pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di sd it lombok tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Madcom. (2016). Pemrograman PHP dan MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: C.V Andi.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).

Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Chaeruman, U. A. (2013). Merancang Model Blended Learning Designing Blended Learning Model. Jurnal Teknodik, 053-063.

Dinata, R. K. (2016). Sistem Informasi Pengawasan Taman Kota Pada Dinas Pasar, Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Aceh Utara. INFORMAL: Informatics Journal, 1(2), 67-71.

Fitri, Z., Akbar, M. Z., & Ula, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Smkn 3 Lhokseumawe. JURNAL SISTEM INFORMASI, 5(1).

Fatwa, A. (2020). Pemanfaatan teknologi pendidikan di era new normal. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).

Herlina, H. (2021). Persepsi Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Mengunakan Forum Diskusi dan Gmeet pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1897-1907

Irawan, Budhi. (2009). Jaringan Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Irviani, R. A. (2017). Pengantar Sistem Informasi . Yogyakarta: ANDI.

Oktaviani, L. (2021). Penerapan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Berbasis Web Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pesawaran. Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 68-75.

Raharjo, B. (2016). Pemrograman WEB (HTML, PHP, & MySQL). Bandung: Modula.

Sugiarti, Yuni. (2013). Analisis dan Perancangan UML (Unified Modeling Language). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryadi, R., Pratama, A., & Phonna, R. P. (2020). Sistem Informasi Manajemen Perbengkelan Jasa Servis Dan Penjualan Suku Cadang Berbasis Web Dan Android Studi Kasus Di Farasat Jaya Motor Kota Langsa. Jurnal Sistem Informasi, 4(1).

Yusdiana, Y., & Pratama, A. (2019). Sistem Informasi Penggajian Pegawai Di Setdako Lhokseumawe. Jurnal Sistem Informasi, 3(2).

Permana, Y., & Romadlon, P. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Mengunakan Metode Sdlc Pada Pt. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile. SIGMA – Jurnal Teknologi Pelita Bangsa , 10 (2).

Pratama, A., Fachrurrazi, S., & Ula, M. (2021). Perancangan Dan Aplikasi Model Sistem Informasi Sekolah. JURNAL SISTEM INFORMASI, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i1.7962

Article Metrics

 Abstract Views : 331 times
 PDF Downloaded : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh