Penerapan Model Topsis dan SAW dalam Penerimaan Mitra Baru di BPS Kota Lhokseumawe

Mulyadi Mulyadi, Fani Hesriva, Amirullah Amirullah

Abstract


Pada sektor pemerintahan seperti kantor BPS Lhokseumawe, seleksi penerimaan calon mitra baru cukup sering diadakan untuk menjalankan kegiatan survei dan sensus penduduk. Proses penerimaan mitra ini kurang efektif karena masih menggunakan cara manual, yaitu dilakukan dengan cara musyawarah dan pendekatan antara mitra yang sudah ada sebelumnya. Sehingga dibutuhkan sebuah system pendukung keputusan yang dapat membantu kinerja pemilihan menjadi lebih efektif. Oleh karena itu permasalahn dpat diselesaikan dengan model topsis dan saw. Tujuan dari penelitian untuk mendapatkan mitra yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan untuk tiap kegiatan yang diselenggarakan oleh BPS Lhokseumawe serta membuat perangkat lunak untuk melakukan pengambilan keputusan dalam pemilihan mitra, manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat membantu BPS Lhokseumawe dalam memilih mitra yang tepat sesuai dengan kebutuhan di tiap kegiatan. Hasil penelitian ini dibangun sesuai dengan kaidah-kaidah yang terdapat pada metode perancangan perangkat lunak Prototype.


Full Text:

PDF

References


Ardi, A., Aldo, D., & Ahmadi, A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Peserta Jamkesmas Dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(2), 94–99. https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.802.

Fitriansyah, A., & Pratama, R. P. (n.d.). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Matakuliah Pilihan Menggunakan Metode TOPSIS ( Studi Kasus : Prodi S1 Sistem Informasi FMIPA Universitas Riau ). 43–58.

Gunawan, H. (2016). Analsis Metode Simple Additive Weighting Dengan Topsis Untuk Pemilihan Bibit Unggul Tanaman Tebu. 8(1), 50–59.

Dinata, R. K. (2016). Sistem Informasi Pengawasan Taman Kota Pada Dinas Pasar, Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Aceh Utara. INFORMAL: Informatics Journal, 1(2), 67-71.

Dinata, R. K., Fajriana, F., Zulfa, Z., & Hasdyna, N. (2020). Klasifikasi Sekolah Menengah Pertama/Sederajat Wilayah Bireuen Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors Berbasis Web. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(1), 33-37.

Nurmalina, N., Muthmainnah, M., & Ula, M. (2018). Penentuan Kualitas Masjid Ideal Untuk RekomendasiPenerima Batuan Dari Pemda (Pemerintah Daerah) menggunakan Metode Topsis. JURNAL SISTEM INFORMASI, 2(2).

Maulani, E., Fithri, C. A., & Ula, M. (2018). Analysis Of Public Perceptions Of Future Spatial Planning Decision Model Lhokseumawe City.

Pratama, A., Salamah, S., Ula, M., & Hayana, N. (2021). Application Of Clustering Groups In Determining Land Suitability. MULTICA SCIENCE AND TECHNOLOGY (MST) JOURNAL, 1(2), 80-86.

Pratama, A., Fachrurrazi, S., & Ula, M. (2021). Perancangan Dan Aplikasi Model Sistem Informasi Sekolah. JURNAL SISTEM INFORMASI, 5(1).

Sukardi, S., & Nasution, M. B. K. (2018). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Pada Smp Negeri 2 Kualuh Hulu Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weight (Saw). U-NET Jurnal Teknik Informatika, 2(2), 1–8.

Waluyo, A., & Irfandi, N. faiz. (n.d.). Teladan Menggunakan Metode Saw ( Simple Additive Weighting ). 3(1), 71–87.

Ramaddan Julianti, Ayat Setiawan, R. D. P. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pegelolaan Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Fuzzy Logic Berbasis Web. Jurnal Sisfotek Global, 6(1), 94–101.

Setiadi, A., Yunita, Y., & Ningsih, A. R. (2018). Penerapan Metode Simple Additive Weighting(SAW) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(2), 104. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.572.

Ula, M., Ulva, A. F., Mauliza, M., Sahputra, I., & Ridwan, R. (2021). Implementation of Machine Learning in Determining Nutritional Status using the Complete Linkage Agglomerative Hierarchical Clustering Method. Jurnal Mantik, 5(3), 1910-1914.

Wahono, D. E., Hasbi, M., & Fitriasih, S. H. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Seleski Penerimaan Karyawan Menggunakan Algoritma Simple Additive Weighting Di Galery Jaya Computer Surakarta. Jurnal TIKomSiN, 5(2), 30.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i1.7950

Article Metrics

 Abstract Views : 216 times
 PDF Downloaded : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mulyadi Mulyadi, Fani Hesriva, Amirullah Amirullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh