Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kualitas Bibit Padi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

Mulyadi Mulyadi, Ismail Ismail, Zulfan Khairil Simbolon

Abstract


kualitas bibit padi merupakan hal yang terpenting bagi petani padi. Pemilihan bibit padi yang dilakukan pada dinas pertanian khususnya di Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Padi (UPTDBP) Simpang Ulim masih dilakukan dengan cara manual. Dengan masalah yang terjadi maka perlu dibuat sebuah aplikasi yang mampu menentukan perangkingan kualitas bibit padi yang otimal yang dapat membantu para pekerja dalam mengambil keputusan yang lebih objektif dan efektif terhadap kualitas bibit padi tersebut. Dengan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Proccess (AHP) yang menggunakan pendekatan kolektif dalam mengambil keputusan. Dalam menentukan kualitas bibit padi yang baik mempunyai tujuh faktor penilaian yaitu, Umur Tanaman, Tinggi Tanaman, Bentuk Gabah, Warna Gabah, Kadar Air, Bobot 1000 Butir, dan Bulir Padi. Pemilihan kualitas bibit padi dilakukan dengan cara melihat dengan kasat mata. Hal ini memiliki kekurangan yaitu kurang objektif dan kurang efektif. Jumlah jenis padi yang dicoba ada 10 jenis padi yaitu, Ciherang, Mekongga, Inpari 23 bantul, Inpari 30 ciherang, Maro, Rokan, Situ patenggang, Situ bagendit, Inpara 1, dan Inpara 9 agritan. Dari hasil pembobotan 4 orang pakar dari Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Padi (UPTDBP) Simpang Ulim jenis kriteria yang paling tinggi nilai bobot dan yang terpenting dalam melihat kuliatas bibit yaitu kadar air. Sistem yang dihasilkan memberikan perangkingan terhadap alternatif dalam menentukan pemilihan kualitas bibit padi. Persentase pengujian sistem menentukan kualitas bibit padi ini dengan memberikan hasil sangat baik sebesar 75%, dan hasil cukup memuaskan sebesar 15%. Sehingga memudahkan manajemen petugas atau pegawai Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Padi (UPTDBP) dalam menentukan kualitas bibit padi.

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman dan Afrida Hanum, 2017. Perbedaan Pendapatan Usaha tani Padi Sawah (Oryza sativa, L) Dengan Penerapan Sarana Produksi Spesifik Lokal Dan Non Spesifik Lokal Di Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur. Agrisamudra, Jurnal Penelitian Vol. 4 No.2 Juli – Desember 2017

Abdulrachman, S. (2011). Peranan pendekatan teknologi dan input produksi terhadap produktivitas dan mutu hasil padi. JURNAL PANGAN, 20(4), 415-424.

Akhiyar, D., Wisky, I. A., & Rahim, R. (2018). Penerapan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dalam Pemilihan Bibit Unggul Buah Pepaya Menggunakan Bahasa Pemograman PHP dan Database MySql. Jurnal KomtekInfo, 5(2), 17-27.

Hidayat, S., & Yani, M. (2012). Model identifikasi risiko dan strategi peningkatan nilai tambah pada rantai pasok kelapa sawit. Jurnal Teknik Industri, 14(2), 89-96.

Kusrini, N., Sulistiawati, R., & Imelda, I. (2019). Priority factors in the development of sustainable oyster mushroom agribusiness. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 16(1), 86-86.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi.

Pradipta, A. Y., & Diana, A. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier pada Apotek dengan Metode AHP dan SAW (Studi Kasus Apotek XYZ). Prosiding SISFOTEK, 1(1), 107-114.

Rusito, R. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kualitas Kayu Olahan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Ilmiah Infokam, 13(2).

Susanto, Untung SP, MP. 2003. Perkembangan Varietas Unggul Padi Menjawab Tantangan Jaman. Artikel, Tabloid Sinar Tani, 26 Pebruari 2003.

Somantri, R. U. (2016). Penggunaan varietas unggul tahan hama dan penyakit mendukung peningkatan produksi padi nasional. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 35(1), 25-36.

Sari, W. M., & Wibawa, W. (2018). VARIETAS MENENTUKAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS HASIL PADI PADA LAHAN RAWA SPESIFIK LOKASI DI KABUPATEN SELUMA. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 21(3), 223-233.

Saaty, T L. 1993 Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hirarki Anlitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Jakarta: Pustaka Binama Presindo.

Turban, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan Dan System Cerdas) Jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.

Wijaya, E. S., & Al Aziz, M. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Bibit Padi Siap Tanam (Studi Kasus Kelompok Tani Ngudi Rahayu Desa Kramat) Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Media Pratama, 11(2), 16-30.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v4i2.7949

Article Metrics

 Abstract Views : 3 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh