Aplikasi Pembelajaran Al-Mufradat Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Android

Mulyadi Mulyadi, Mila Rozana, Azhar Azhar

Abstract


Al-Mufrodat merupakan salah satu unsur dalam bahasa Arab. Setiap kalimat dalam bahasa Arab pasti tersusun dari beberapa al-mufrodat. Dalam pembelajaran bahasa Arab ada beberapa permasalahan yang dihadapi siswa Madrasah Ibtidaiyah diantaranya anak tidak mampu mengikuti pembejaran seperti yang diterapkan dikarenakan media pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan dan biasanya kosakata diperkenalkan dalam bentuk buku-buku dan poster-poster yang dijual. Oleh karena itu dirancanglah aplikasi pembelajaran al-mufradat bahasa Arab menggunakan media visualisasi yang menampilkan teks, gambar dan audio (suara) berbasis android menggunakan metode string matching dengan algoritma brute force di pencarian kosakata dan algoritma fisher-yates shuffle dalam pengacakan soal. Didalam aplikasi ini user dapat mempelajari 7 materi yang sering dijumpai sehari-hari seperti materi angka, anggota tubuh, benda dikelas, buah-buahan, hewan, nama-nama hari dan warna.


Full Text:

PDF

References


Fitrianti, U., & Ula, M. (2017). Implementasi algoritma levenshtein distance dan algoritma knuth morris pratt pada aplikasi asmaul husna berbasis android. Jurnal Sistem Informasi, 1(2).

Dinata, R. K., Safwandi, S., Hasdyna, N., & Mahendra, R. Kombinasi Algoritma Brute Force dan Stemming pada Sistem Pencarian Mashdar. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(2), 273-278.

Dinata, R. K., Novriando, H., Hasdyna, N., & Retno, S. (2020). Reduksi Atribut Menggunakan Information Gain untuk Optimasi Cluster Algoritma K-Means. J. Edukasi dan Penelit. Inform, 6(1), 48-53.

Muhammad Ali Al-Khuli. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Basan Publishing

Septian, Hilman dkk. 2017. Aplikasi Pengenalan Bahasa Arab dan Inggris untuk Anak-Anak Berbasis Android. Universits Siliwangi, Jurnal Online Informatika ISSN : 2527-9165

Khalida, Laila. 2012. Sistem Pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang Untuk Anak-Anak Menggunakan Java.

Vidia Pagestika, Galih dkk. 2017. Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Murid Sekolah Dasar Berbasis Android. Universitas Telkom, ISSN : 2442-5826

Muhammad Abdul Hamid, dkk., 2008. Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media). Malang: UIN Malang Press.

Maulani, E., Fithri, C. A., & Ula, M. (2018). Analysis Of Public Perceptions Of Future Spatial Planning Decision Model Lhokseumawe City.

Fazriah, Robiatul. 2011. Contoh Proposal MET-LIT

Sarno, Riyanto, dkk. 2012. Semantic Search Pencarian Berdasarkan Konten. Andi Yogyakarta.

Subaeki, Beki., & Dicky Ardiansyah. 2017. Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Pada Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris. Universitas Sangga Buana YPKP, UIN Gunung Djati. ISSN : 2548-1932

Ula, M., Pratama, A., Asbar, Y., Fuadi, W., Fajri, R., & Hardi, R. (2021, April). A New Model of The Student Attendance Monitoring System Using RFID Technology. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1807, No. 1, p. 012026). IOP Publishing.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6338

Article Metrics

 Abstract Views : 195 times
 PDF Downloaded : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh