IMPLEMENTASI ANALISIS KELAYAKAN BANGUNAN MASJID MENGGUNAKAN MODEL TOPSIS

Burhanuddin Burhanuddin, Kurnia Anggi Syahputra

Abstract


Analisis kelayakan bangunan masjid  menggunakan model topsis yang dilihat dari kualitas bangunan yang telah ada dan analisis menggunakan model topsis sesuai dengan kelayakan dari masing-masing masjid tersebut kota lhokseumawe. Kebanyakan dari kualitas bangunan arsitektur masjid yang telah dibangun dilihat dari pendekatan  kepada obyek masyarakat Islam terutama di indonesia dan nilai-nilai prinsip dasar Islam yang kebanyakan memiliki ide kreatif dan inovatif dalam desain bangunan masjid. Penelitian ini melihat kualitas bangunan-bangunan masjid kota lhokseumawe yang kemudian akan dlihat dari kualitas masjid akan diproses dengan menggunakan model topsis yang hasil nya dan dapat dijadikan rekomendasi untuk dinas/pemerintah kota dalam memberikan bantuan masjid yang dianggap layak dan tidak layak yang leibh penting adalah pemerintah mengetahui dari sisi pemberian bantuan untuk masjid dan sangat penting model suatu model diterapkan dalam penetuan kualitas dari masjid tersebut. Oleh karena itu model system yang diterapkan dalam melakukan pemilihan model masjid agar pemilihan masjid moderan dilakukan secara cepat dan tepat. Hal lain juga menjadi permasalahan dari kualitas bangunan yang layak  dan dilihat juga pada konsep strktur bangunan. kriteria yang digunakan dalam pemilihan kualitas bangunan masjid adalah Stuktur Atap, Stuktur Atap Langit-Langit, Struktur Lantai (Keramik), Kualitas Beton dan Dinding, Kualitas Cat Bangunan dan Sanitasi Air bersih. Adapun model Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (Topsis) yang digunakan untuk melihat masjid dengan kualitas bangunan terbaik yang dilihat berdasarkan kriteria tersebut. Hasil dari sistem ini untuk membantu tim dan masyarakat dalam melihat kualitas masjid terbaik sehingga sistem yang dibangun dapat digunakan sebagai acuan bagi masyarakat dan dinas dalam melihat kualitas bangunan.


Full Text:

PDF

References


Dinata, R. K. (2016). Sistem Informasi Pengawasan Taman Kota Pada Dinas Pasar, Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Aceh Utara. INFORMAL: Informatics Journal, 1(2), 67-71.

Forty, A. 2000. Words and buildings, A vocabulary of modern architecture. London: Thames & Hudson.

Fanani, Achmad . 2009. Arsitektur Masjid. Jakarta : Bentang Pustaka

Hwang, Ching-Lai dan Kwangsun Yoon. (1981). Multiple Attribute Decision Making, Methods and Application. Berlin:Springer-Verlag

Kusrini, 2007, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, ANDI, Yogyakarta

Maulani, E., Fithri, C. A., & Ula, M. (2018). ANALYSIS OF PUBLIC PERCEPTIONS OF FUTURE SPATIAL PLANNING DECISION MODEL LHOKSEUMAWE CITY.

Retzlaff RC. 2008. Green building assessment systems: a framework and comparison for planners. Journal of the American Planning Association. 74(4): 505519. https://doi.org/10.1080/01944360802380290

Susanto,Mikke.2011. Diksi Rupa Kumpulan Istilah & Gerakan Seni Rupa. Yogyakarta: Dicti Art Lab.

Sri Kusumadewi, Sri Hartati, Agus Harjoko, dan Retantyo Wardoyo. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM).Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sri Kusumadewi, Sri Hartati, Agus Harjoko, dan Retantyo Wardoyo. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM).Yogyakarta: Graha Ilmu.

Turban., E., Aronson, J.E., dan Liang, T.P., 2005, Decision Support System and Intellegent System, 7th (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas Jilid 1), Dwi Prabantini, Andi Offset, Yogyakarta.

Pratama, A. (2017). Analisis Tingkat Kematangan (Maturity Level) Teknologi Informasi Pada Pustaka Menggunakan Cobit 4.1. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1-13.

Ula, M., & Azhari, S. N. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Penentuan Kelayakan Lokasi Pemukiman. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 7(1), 89-100.

Zein M. Wiryoprawiro, 1986, Perkembangan Arsitektur Masjid di Jawa Timur, Surabaya, PT. Bina Ilmu, p. 154




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v3i2.6337

Article Metrics

 Abstract Views : 20 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh