SISTEM INFORMASI SERVIS KOMPUTER DI MUSTANG MULTIMEDIA KOMPUTER

Muhammad Ikram, Muthmainnah Muthmainnah

Abstract


Selama ini pengolahan data barang dan service computer pada Mustang Multimedia Computer dilakukan secara konvensional, dalam hal ini pencatatan data barang dan service computer masih mengunakan pembukuan besar. Terkadang bagian penjualan kesulitandalam pengolahan data barang, pembuatan laporan data barang dan service komputer.sehingga pencatatanmanualdata-datayangtelahdi buat sewaktu-waktu dapat hilang dan membutuhkan waktu yang lama dalam pencarian data barang dan transaksi service computer. Sistem informasi pengolahan databarang dan service computer ini dibuat dengan menggunakan Delphi sebagai pembuat interface eutama dan Mysql sebagai basis datanya. Programini memungkinkan user untuk input data, edit data,hapus data, pencarian data, dan pencetakan data ke media kertas. Data yang diinputkan berupa klasifikasi barang ,data barang, data supplier,data jenis barang, data jenis service, data  penjualan barang, data  service masuk. Sedangkan output yang dihasilkan system informasi ini berupa laporan stock barang, laporan penjualan barang, laporan pembelian, laporan data service dan nota transaksi penjualan barang dan notaservice. Sistem informasi pengolahan data barang dan service computer ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam mengolah data penjualan barang, dan service komputer sehingga mempercepat membuat laporan stock barang, laporan penjualan, laporan pembelian, laporan service komputer barang serta nota transaksi penjualan barang dan nota transaksi service komputer.


Full Text:

PDF

References


Subhan, Mohamad. 2012 Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yokyakarta : Graha Ilmu.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta

Longkutoy, John J. 2014. Pengenalan Komputer. Jakarta: PT Mutiara Sumber Widya

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tantra, Rudy. 2012. Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta

Andi Rosa, A.R dan Shalauhudin M. 2013.Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Amir, Taufiq M. 2013. Inovasi pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shelly gary B and Harry J.Rosenbaltt.2012.”System Analysis and Design Nineth edition”.United States of America: Course Technology




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v3i2.6335

Article Metrics

 Abstract Views : 252 times
 PDF Downloaded : 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh