SISTEM INFORMASI KEARSIPAN BERBASIS WEB PADADINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Rahmat Kurniawan, sayed fachrurrazi

Abstract


Adminitrasi surat menyurat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Labuhanbatu Selatan merupakan aktifitas atau kegiatan rutin yang dilakukan baik dalam sebuah instansi perusahaan, perkantoran maupun dalam sebuah organisasi. Setiap kegiatan yang dilakukan secara umum akan terkumpul dalam sebuah dokumen/arsip. Sistem informasi bertujuan untuk mengelolah transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan startegi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan laporan-laporan yang diperlukan oleh pihak tertentu. Salah satu kekurangan atau permasalahan yang timbul pada kerja praktek di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan DesaKabupaten Labuhanbatu Selatan ialah masih menggunakan sistem manual dalam pengoperasian surat menyurat atau pengarsipan data surat yang dianggap tidak efisien. Metodologi pada tahapan perancangan sistem informasi ini dimulai pada tahap perancangan DFD dan ERD yang di dasarkan pada manual sistem yang berlaku saat ini, yaitu memasukan data surat masuk dan surat keluar setiap hari kerja. Hasil dari pembuatan sistem informasi berbasis komputer ini adalah adanya suatu aplikasi sistem informasi kearsipan surat masuk dan surat keluar sehingga dapat membantu pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa di Kabupaten Labuhanbatu Selatan dalam pengelolaan dan pengarsipan data surat secara terkomputerisasi dan didukung dengan database yang handal sehingga lebih cepat dan lebih efektif dalam pencarian surat maupun dokumen-dokumen lainnya dan dalam memberikan pelayanan prima dan maksimal bagi masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Dinata, R. K. (2016). Sistem Informasi Pengawasan Taman Kota Pada Dinas Pasar, Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Aceh Utara. INFORMAL: Informatics Journal, 1(2), 67-71.

Hartono, Jogitanyo. 1999. Pengenalan Komputer. Yogyakarta. Andi

Hutahaean, Jeperson. 2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta. Deepublish

Krismiaji, 2015, “Sistem Informasi Akuntansi”, Edisi keempat, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Maulani, E., Fithri, C. A., & Ula, M. (2018). Analysis Of Public Perceptions Of Future Spatial Planning Decision Model Lhokseumawe City.

Romney, Marshall B., dan Paul John Steinbart. 2015. Accounting Information Systems, 13th ed. England: Pearson Educational Limited

Sugiri, Saputro, Haris. 2007. Pengelolaan Database Mysql Dengan PHP MYADMIN. Yogyakata:Graha Ilmu

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Yanto, Robi. 2016. Manajemen Basisdata Menggunakan Mysql. Yogyakarta: Deepublish

Pratama, A. (2017). Analisis Tingkat Kematangan (Maturity Level) Teknologi Informasi Pada Pustaka Menggunakan Cobit 4.1. Techsi-Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1-13.

Ula, M., Darnila, E., & Siagian, P. (2018, June). Numerical simulation of styrofoam and rockwool heat transfer flat-plate type solar collector. IOP Conference Series: Material Science and Engineering.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v3i2.6334

Article Metrics

 Abstract Views : 58 times
 PDF Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh