APLIKASI KRIPTOGRAFI PESAN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD 256 BIT (AES-256) DAN DIFFIE HELLMAN

Mulyadi Mulyadi

Abstract


Keamanan merupakan aspek yang penting dalam memberikan suatu informasi yang bersifat rahasia. keamanan  data  tersebut  akan  lebih  terjamin kerahasiaannya bila data yang akan kita kirimkan tidak lagi bersifat data asli (plainteks) melainkan sudah di ubah dalam (chiperteks), sehingga kerahasiaan pesan tetap terjaga dari orang yang tidak bertanggung jawab. Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem aplikasi yang dapat mengenkripsi pesan teks dan kemudian mendekripsikannya. Dengan menggunakan algoritma Advanced Encryption Standardb256 bit (AES-256) dan Diffie Helman yang merupakan algoritma kriptografi simetris, Proses  ini  dapat  dilakukan    melalui  aplikasi  desktop  sebelum  data  tersebut  di kirimkan  sudah  dienkripsi  terlebih  dahulu  dan  yang  menerima  perlu  melakukan proses dekripsi untuk mengetahui isi dari pesan asli tersebut. Sehingga hanya pihak- pihak yang tertentu yang dapat mengetahuinya. Pada penelitian ini dilakukan proses enkripsi dan dekripsi dilakukan terhadap text. Pengujian system telah dilakukan ujicoba terhadap text dengan jumlah yang berbeda. System akan megubah data asli (plainteks) kedalam data acak (chiperteks). Penerapan aplikasi AES ini menggunakan bahasa pemrograman Java.


Full Text:

PDF

References


Advanced Encryption Standard " Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 10, no. 1, Februari 2015.

Ariyus, Dony. 2008. Pengantar Ilmu Kriptografi Teori Analisis dan Implementasi. Yogyakarta : ANDI.

Bodic, G., L., 2005, Mobile Meesaging Technologies and Services SMS, EMS and MMS Second Edition, John Willey and Sons Ltd, England

Bellare, Mihir & Rogaway, Phillip. 2005. Introduction to Modern Cryptography. USA : Universiry of California.

Dony, A. 2005, Kriptografi Keamanan Data dan Komunikasi, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Federal Information Processing Standards Publication 197, Announcing the Advanced Encryption Standard, U.S. Doc/NIST, November 26, 2001.

Fitrianti, U., & Ula, M. (2017). Implementasi algoritma levenshtein distance dan algoritma knuth morris pratt pada aplikasi asmaul husna berbasis android. Jurnal Sistem Informasi, 1(2).

F.N. Pabokory, I. F. Astuti and A.H. Kridalaksana, "Implementasi Kriptografi Pengamanan

Fuadi, W., Ula, M., & Sadli, M. (2015). The Introduction Types of Vocal Sound in Choir in Realtime Using Hankel Transformation and Macdonald Function. Academic Research International, 6(1), 1.

Goldreich, Oded. 2004. Foundation of Cryptography: Basic Application. Cambridge University.

Hermawan, A.P., 2009, Kompresi Pesan SMS Menggunakan Algoritma Modified Half-Byte, Thesis, Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Henriquez, Dkk. 2007. Cryptographic Algorithms on Reconfigurable Hardware. Springer.

I.A. Ilyas and S.Widodo, “Kriptografi File Menggunakan Metode Aes Dual Password” Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2014), Depok, 2014, Vol. 8. Page 263.`

Munir, Rinaldi. 2006. Kriptografi. Bandung: Penerbit Informatika.

Stallling, William, 2005, Cryptography and Network Security Principles and Practices, 4thPrentice Hall, New Jersey

Voni Yuniati, dkk. “Enkripsi dan Dekripsi Dengan Algoritma AES-256 Untuk Semua Jenis File”. Jurnal nformatika Volume 5 No. 1 April 2009.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v3i2.6330

Article Metrics

 Abstract Views : 194 times
 PDF Downloaded : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh