SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB PADA SMK NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE

Siska Amelia Melani, Mochamad Ari Saptari

Abstract


Setiap sekolah tentunya tidak luput dari kata penerimaan siswa baru, namun banyak kita jumpai sekolah yang masih menggunakan sistem manual dalam kegiatan penerimaan siswa baru, seperti halnya pada SMK Negeri 1 Tanah Jambo Aye yang belum menggunakan peran teknologi informasi sepenuhnya dalam menunjang kelancaran aktifitas sekolah. Dengan adanya peranan teknologi tentunya akan lebih mudah dalam kita menggali atau mendapatkan informasi, seperti calon siswa baru yang membutuhkan yang namanya sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis Web, sehingga mereka mendapatkan informasi yang cepat dan tepat, karna itu sangat membantu mereka dalam melakukan pendaftaran di sekolah. Sistem ini juga sangat berguna untuk pihak sekolah tepatnya panitia atau guru yang berwenang dalam melakukan proses penerimaan siswa baru sehingga prosedur dan proses penerimaan siswa baru berjalan lancar dengan lebih efektif dan efisien. Terlebih pihak sekolah pun dapat mengelola data-data penerimaan siswa baru dengan mudah. Tahapan dalam pengumpulan data dan informasi dalam penelitian ini adalah dengan observasi, studi pustaka dan melakukan wawancara selama kegiata kerja praktek. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web sehingga memudahkan calon siswa dan pihak sekolah dalam proses pendaftaran dan penerimaan siswa baru. Hasil dari penelitian ini adalah adanya Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis web.


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. 2009. Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database MySQL. Andi. Yogyakarta. Di akses di db;

Al-Bahra Bin Ladjamudin. 2005. Metode Analisis dan Perancangan SistemInformasi, Graha Ilmu. Yogyakarta.

Ana Retnoningsih dan Suharso 2005, Kamus Besar Bahasa Indoneesia, Semarang, Widya Karya. Di aksess di http://digilib.unimed.ac.id

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL, secara Otodidak. Jakarta: Mediakita

Asbar, Y., Badriana, R., Biby, S., Ula, M., & Siregar, W. V. (2019). Implementation of Forecasting in Measuring the Quality Level of Community Services in PLN Kota Lhokseumawe.

Arief, M Rudianto. (2011). Pemograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta : Andi.

Arisanti Aprilia. 2010. Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada Desa Bogorejo Kecamatan Gedongtataan. Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ( STMIK) Pringsewu Lampung.

Budi Irawan, 2005. Jaringan Komputer. GRAHA ILMU. Yogyakarta.

Dahlan Abdullah. (2014) Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Berbasis Web Di Setdakab Aceh Utara. Jurnal Penelitian Teknik Informatika. TECHSI. Vol 4. Nomor 1.

Dinata, R. K. (2016). Sistem Informasi Pengawasan Taman Kota Pada Dinas Pasar, Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Aceh Utara. INFORMAL: Informatics Journal, 1(2), 67-71.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005 Kamus Besar Bahasa Indonesia edissi ketiga Balai Pustaka, Jakarta. Di aksess di http://eprints.umpo.ac.id

Fauzi, Kasmadi (2013), Sistem Informasi Data Karyawan pada PT.POS INDONESIA (Persero) Banda Aceh Berbasis Web, Program Studi S1 Sistem Informasi,Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer,STMIK WC 9-U’budiyah Indonesia, Banda aceh.

Hanif Al Fatta. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi.Andi. Yogyakarta.

Haughee. Eric. (2013). Instant Sublime Text Starter. Birmingham: Packt PublishingLtd.

HM, Jogiyanto. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu,Yogyakarta.

Ikhwan Chandra, dkk, (2007) Sistem Adminitrasi PuskNesmas Rawat Inap Merapi II menggunakan Metode TAS.

Jogiyanto.2005. Analisis dan Desain. Penerbit Andi.

Jogiyanto HM, 2001, Analisis dan Desain Sistem Informaasi : Pendekatan Tenrstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : ANDI.

Junaedi, Fajar. 2005. Panduan Lengkap Pemrograman PHP untuk Membuat WEB Dinamis. Yogyakarta:PD. Anindya

Kadir. A., 2003, Pengenalan sistem Informasi, ANDI, Yogyakarta.

Krismiaji. 2005. Sistem Informasi Akuntansi, PT. Gramedia, Jakarta.

Muhbib Helmi Alfian. (2013). Implementasi Desktop Sistem Inventasi Pada Hudi Motor Karangrayung Grobogan.

Munadi, Faisal (2013), Sistem Informasi Pendataan Alumni Berbasis Web Pada STMIK U’budiyah Indonesia, Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, STMIK U’budiyah Indonesia, Banda aceh.

Murad. Dina Fitria, Kusniawati. Nia, Asyanto. Agus. 2013. Aplikasi Intelligence Website Untuk Penunjang Laporan PAUD Pada Himpaudi Kota Tangerang. Jurnal CCIT. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Vol. 7, No. 1.

Maulani, E., Fithri, C. A., & Ula, M. (2018). Analysis Of Public Perceptions Of Future Spatial Planning Decision Model Lhokseumawe City.

Nugroho. 2013, Dasar Pemograman Web PHP – MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta : Gava Media.

Prof. Dr. Jogiyanto HM, MBA, Akt. 2009. Analisis dan Desain. Andi. Yogyakarta.

Raharjo, Budi. 2011, Membuat Database Menggunakan MySql. Bandung :Informatika.

Riyanto Bambang. 2010, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, ed. 4, YOGYAKARTA.

Rexnowati (2015),Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Pada Youlanda Bakery & Cake Shop, Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer STMIK TIME. Medan.

Salim, Peter dan Salim, Yenni. 2002. Kamus Bahasa Indonesi Kontemporer. Di akses di RAAD.

Simarmata, Janner & Imam Paryudi. Basis Data. 2006. Yogyakarta: enerbit Andi.

Sudrajat, Catur. 2011. Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Secara Online Berbasis Web (Studi Kasus: SMK Pelopor Nasional Ciputat Tangerang Selatan). Skripsi. Program Strata I Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah /Jakarta.

Suprianto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi Informasi (HVS). Salemba: Infotek.

Sutanta, Edhy. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : Ghara Ilmu.

Sutarman. 2012, BukuPengantarTeknologiInformasi., BumiAksara, Jakarta.

Pratama, A. (2017). Analisis Tingkat Kematangan (Maturity Level) Teknologi Informasi Pada Pustaka Menggunakan Cobit 4.1. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1-13.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v3i2.6329

Article Metrics

 Abstract Views : 42 times
 PDF Downloaded : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh