SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN BIREUEN

Zikrina Zikrina, Mutammimul Ula

Abstract


Sistem Informasi Kepegawaian Pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bireuen di buat untuk memudahkan para karyawan melihat dan mencetak data kepegawaian mereka langsung di bidangnya, tanpa harus menuju bagian tata usaha, ataupun mencetak data secara manual. Sistem ini dibuat untuk Badan Pengelolaan Keuangan Daerah yang terdiri dari bagian Akutansi, Penetapan dan Penagihan PAD, Anggaran, Aset, Perbendaharaan. Masalah yang dihadapi oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bireuen adalah belum adanya sistem untuk mengolah data pribadi karyawan, data pangkat, data riwayat jabatan, dan data pelatihan.Proses yang berlangsung di sistem ini yaitu login ke sistem. Kemudian terdapat dua menu yang dapat di akses yaitu menu data karyawan untuk menginput data karyawan. Dan menu informasi yang terdiri dari data pangkat, data riwayat jabatan, dan data pelatihan karyawan. Tujuan adanya sistem ini secara umum yaitu untuk dapat memudahkan pekerjaan instansi dalam mengolah data karyawan mereka, meningkatkan kinerja karyawan, mengurangi kesalahan dalam penginputan data, dan juga untuk memudahkan pencarian data dan pencetakan laporan.Hasil yang diharapkan nantinya bisa membantu petugas untuk mengolah data pegawai di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bireuen. Dan bisa dikembangkan ke arah yang lebih baik.


References


Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta. ANDI

Azhar, Susanto. 2013. Sistem Informasi Akutansi. Universitas Padjajaran.

Haryadi, Christian dan Rita Wahyuni Arifin. 2016. Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada PT. White Horse Ceramic Indonesia. BINA INSANI ICT JOURNAL. Vol.3, No. 2.

Jayanti, Dwi dan Siska Iriani. 2014. Sistem Informasi Penggajian Pada CV. Blumbang Sejati Pacitan. ISSN : 1979-9930 (Print) -2088-0154 (Online) 38. Journal Speed-sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Vol. 6 No. 3-2014.ijns.org.

Kusbianto, Deddy. 2010. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, STMIK. Yadika Bangi.

Lestari, Devi. 2014. Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada PR. Tunas Mandiri Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security. Volume 3 No 4.

Purnamasari, Titin. 2013. Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Dan Penggajian Pada Unit Pelaksana Teknis Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar Kecamatan Pringkuku. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Volume 5 No 2.

Robbins, P, Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Qadir, Abdul. 2012. Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Java. ANDI OFFSET. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v3i1.6308

Article Metrics

 Abstract Views : 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zikrina Zikrina, Mutammimul Ula

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh