Pemodelan Penentuan Kualitas Kenyamaman dan Bangunan Hotel

Burhanuddin Burhanuddin, Kurnia Anggi Syahputra Kurnia Anggi Syahputra

Abstract


Pemodelan Penentuan Kualitas Kenyamaman Bangunan Hotel sangat penting untuk pelanggan / pengunjung hotel dalam melihat kualitas bangunan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak hotel tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuat kenyamana bagi pelanggan dan tidak ada ketakutan bangunan tersebut layak untuk digunakan atau fasilitas yang diberikan oleh tersebut dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kualitas bangunan dan tingkat kenyamanan bangunan tersebut. Model yang digunakan menggunakan Weighted Product (WP) yang dapat dilihat hasil perangkingan berdasarkan bobot. Hasil penelitian ini dapat dilihat faktor keamanan, keselamatan, kesehatan, kenyamanan, aksesibilitas persyaratan bangunan, luas area, dan ketahanan beton. Selanjutnya hasil dari penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi untuk pihak manajemen hotel dalam melihat factor perbaikan dan tingkat tingkat kerusakan kinerja gedung untuk kenyamanan.


Full Text:

PDF

References


Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Direktorat Jendral Cipta Karya. 2007. Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara. Jakarta : Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Cipta Karya. 2008. Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Jakarta : Direktorat Jendral Cipta Karya.

Diartono, D. A. (2006) ‘Sistem Pendukung Keputusan sebagai Alat Bantu Manager’, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIk, XI(1), pp. 1–7.

Hersey, Paul dan Blanchard, Ken.1986. Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, Edisi Keempat: Penerbit Erlangga

Kusumadewi, S., et.all. (2006). “Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM)”, Graha Ilmu, Yogyakarta

Kadarsah Suryadi and Ali Ramdhani, Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengembangan Keputusan, 2nd ed., Wuly Anisah, Ed. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Marlina. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Beasiswa Dengan Metode Ahp Dan Topsis. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2016, 1–9. Retrieved from jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek

Maulani, E., Fithri, C. A., & Ula, M. (2018). ANALYSIS OF PUBLIC PERCEPTIONS OF FUTURE SPATIAL PLANNING DECISION MODEL LHOKSEUMAWE CITY.

Tanggoro, Dwi. 2004. Utilitas Bangunan. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Wibowo. ( 2007). Manajemen Kinerja. Edisi ketiga. Jakarta: PT.Raja Grafindo Prasada.

Ula, M., & Azhari, S. N. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Penentuan Kelayakan Lokasi Pemukiman. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 7(1), 89-100.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v4i2.6296

Article Metrics

 Abstract Views : 11 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh