SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENUJU RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA

Rahmat Kurniawan, sayed fachrurrazi, Mutammimul Ula

Abstract


Pencarian rute terpendek menuju rumah sakit umum se-provinsi aceh ini menggunakan algoritma dijkstra yang bertujuan memberikan rekomendasi kepada masyarakat dalam pencarian rute terpendek menuju lokasi rumah sakit umum diwilayah Provinsi Aceh. Permasalahan utama dalam pencarian rute terpendek ini adalah mencari solusi paling efektif yang dapat diterapkan dalam persoalan yang dihadapi. Pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berorientasikan pemecahan masalah, serta perancangan desain sistem menggunakan metode UML. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Code Editor yakni Visual Studio Code. Informasi rumah sakit sepenuhnya hanya terkait dengan data yang dimasukkan kedalam server database dan hasil dari aplikasi ini menampilkan lokasi rumah sakit terdekat dengan waktu tempuh dan jarak menuju rumah sakit beserta jalur atau rute menuju rumah sakit terdekat dengan titik lokasi pengguna. Dan dari aplikasi yang dijalankan didapatkan rumah sakit terdekat pada titik awal/ lokasi pengguna dari kampus UNIMAL di Bukit Indah ialah Rumah Sakit Umum Arun dengan jarak 4,0 km dan waktu tempuh 10 menit.


Full Text:

PDF

References


Agus P. dan Yulia S. 2015. Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. IJSE Vol:1, no.1 2015

Albes Fajri, Endina Putri Purwandari, Funny Farady Coastera, 2018. Implementasi Sistem Informasi Geografis Untuk Pencarian Indekos Dengan Jarak Terpendek Menggunakan Metode Algoritma Dijkstra (Studi Kasus: Kelurahan Kandang Limun Dan Beringin Raya). Jurnal Rekursif, Vol. 6 No. 1.

Asbar, Y., Badriana, B., Razif, R., Biby, S., Ula, M., & Siregar, W. (2018). Implementation of Forecasting in Measuring the Quality Level of Community Services in PLN Kota Lhokseumawe. In Proceedings of the 1st International Conference on Finance Economics and Business, ICOFEB 2018. European Alliance for Innovation (EAI).

Bayu Kristiawan dan Sukadi. 2016. Pembuatan Sistem informasi persewaan mobil pada rental mobil akur pacitan. ISSN :2087-0868.

Dwi Ardana, Ragil Saputra, 2016. Penerapan Algoritma Dijkstra Pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang. Seminar Nasional Ilmu Komputer (Snik 2016) - Semarang, 10 Oktober 2016 Isbn: 978-602-1034-40-8

Dinata, R. K., Safwandi, S., Hasdyna, N., & Mahendra, R. Kombinasi Algoritma Brute Force dan Stemming pada Sistem Pencarian Mashdar. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(2), 273-278.

Febri A.P, Desi P.K, 20 Penggunaan Algoritma Dijkstra Pada Aplikasi Searching Hotel Di Kota Semarang.

Josi, A. (2017). Penerapan Metode Prototiping Dalam Pembangunan Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang). JTI, Vol 9 No.1

Nofriyadi Nurdam. 2014. Sequence Diagram sebagai perkakas perancangan antarmuka pemakai. ISSN :2085-4552.

Mamed Rofendy Manalu. 2015. Implementasi Sistem informasi penyewaan mobil pada cv.btn padang bulan dengan metode waterfall. ISSN : 2088-3943.

Munir, Rinaldi. 2012. Matematika Diskrit. Bandung. Penerbit Informatika

Randi V. Palit, Yaulie D.Y. Rindengan, Arie S.M. Lumenta. 2015. Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang. Vol. 4. No. 7.

Rini Nuraini, 2015. Desain Algorithma Operasi Perkalian Matriks Menggunakan Metode Flowchart. Vol 1 No 1.

Renardi, R., & Ula, M. (2017). Sistem Pencarian Rute Terpendek Pendistribusian Produk Menggunakan Algoritma Hill Climbing Search Di Cv Duta Express. Jurnal Sistem Informasi 1(1).

Romney, Marshall B., dan Paul John Steinbart. 2015. Accounting Information Systems, 13th ed. England: Pearson Educational Limited

Rosa A.S dan Shalahuddin.M, 2015. Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.

Sam Marwan, Yuliani, 2016. Penerapan Algoritma Prim Untuk Membangun Pohon Merentang Minimum (Minimum Spanning Tree) Dalam Pengoptimalan Jaringan Transmisi Nasional Provinsi Sulawesi Selatan. Vol. 07. No. 1.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Sri Kusumadewi 2003, Artificial Intelligence, Graha Ilmu, Jogjakarta.

Syaputra, Aidil. 2012. Aplikasi Pohon Merentang (Spanning Tree) dalam Pengoptimalan Jaringan Listrik. Bandung. ITB.

Yunahar Heriyanto. 2018. Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada Pt.Apm Rent Car. Vol 2, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v4i2.6291

Article Metrics

 Abstract Views : 603 times
 PDF Downloaded : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rahmat Kurniawan, sayed fachrurrazi, Mutammimul Ula

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh