Rancang Bangun Game Edukasi Belajar Hijaiyah Berbasis Android Studi Kasus di Paud Pembangunan Ahklak Matang Guru

Zulfikar Zulfikar, Muthmainnah Muthmainnah, Arrazi Arrazi

Abstract


Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi seluruh umat islam yang ada di dunia. Al-Qur’an memiliki 114 surat yang di dalamnya terdapat 6236 ayat dan 77.845 kata. Jadi untuk memahami dan membaca Al-Qur’an sangatlah perlu ilmu-ilmu dasar tata cara membaca Al-Qur’an dengan benar. Huruf hijaiyah merupakan ilmu dasar membaca Al-Qur’an yaitu sebagai sarana untuk bisa membaca dan memahami Al-Qur’an dengan benar, sesuai dengan apa yang ada di dalam Al-Qur’an itu sendiri. Maka dari itu penulis merancang dan membuat sebuah aplikasi dasar belajar mengenal huruf hijaiyah, sebagai sarana untuk memudahkan anak-anak dalam memahami huruf-huruf dasar yang di perlukan untuk bisa membaca Al-Qur'an yaitu ada 28 huruf hijaiyah dan semua huruf hihjaiyah ini diaplikasikan dalam bentuk game edukasi mengenal membaca huruf hijaiyah  berbasis mobile android. Penulis menggunakan sistem Construct 2 sebagai sarana untuk membangun pembuatan game pembelajaran mengenal huruf hijaiyah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi game edukasi dasar belajar mengenal membaca huruf-huruf hijaiyah berbasis android offline yang mampu melakukan pencocokan huruf, perpindahan huruf dan menampilkan keseluruhan huruf-huruf hijaiyah yang di barengi dengan suaranya, guna mempermudahkan anak-anak dalam memahami ilmu dasar membaca Al-Qur’an yaitu mengenal huruf hijaiyah dengan cara cepat dalam mengingat. Yang disajikan dalam dunia permainan anak-anak yaitu dalam bentuk aplikasi game edukasi.


Full Text:

PDF

References


Al-Qattan, M. K. 2015. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.

Anshori. 2013. Ulumul Qur’an: Kaidah-kaidah Memahami Firman Allah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Facebuka. 2019. Construct 2: Pembuat Game Berbasis HTML5 dengan Platform 2D http://facebuka.com/pengertian-dan-fitur-fitur-construct-2. (12 Juni 2019).

Isa, A. G. 2017. Ulumul Qur’an (Kajian Sejarah dan Perkembangannya). Jurnal Dusturiah, 11(1).

Ika Purwanti. 2013. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berplatform Android Untuk Madrasah Baca Tulis Al Quran Al-Fattah Desa Widodaren Kabupaten Ngawi. Jurnal Informatika dan Komputer, 2(1).

Kusniyati, Harni, dan Saputra N. P. S. 2016. Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Latif, Y. 2016. Sistem Pencarian dan Pengumuman Barang Hilang berbasis Android. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Masturah H. 2017. Pengembangan Implementasi Pengujian Pencarian Ayat Al-Qur’an Menggunakan Algoritma Doublemetaphone Berdasarkan Kemiripan Ucapan. Jurnal Telkom University, 4(3).

Masruri dan Hilmi M. 2015. Buku Pintar Android. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Mohamad, Kodrat Imam S, dan Yuli C. 2015. “Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2.” Transient 4(1): 128–33.

Muhammad K, H. 2013. Mudahnya Membuat Game HTML5 Dengan Construct

Rosa, A. 2015. Tafsir Kontemporer. Banten: Depdikbud Banten Press.

Safa’at, H. N. 2014. Pemrograman Aplikasi Mobile. Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Santoso, dan Nurmalina R. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas. Jurnal Integrasi, 9(1), 84-91.

Sano Sempati. 2015. Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan Tajwid Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Dan Air. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika.

Sukamto, Rosa A. dan Shalahuddin M.. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sofar, C. (2015). Aplikasi Penjualan Berbasis Web (E-Commerce)(Studi Kasus Tojan Store). Doctoral dissertation, Universitas Widyatama.

Wanda Ramansyah. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Tema Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, 3(1).

Yono, S. 2015. Makna Huruf Hijaiyah. https://www.kompasiana.com/suryono74/55097b43a333111d692e3a71/makna-huruf-hijaiyah. (12 Juni 2019).

Zuliana dan Irwan Padli. 2013. Aplikasi Pusat Panggilan Tindakan Kriminal di Kota Medan Berbasis Android. Jurnal IAIN Sumatra Utara Medan, 4(1).

Fitrianti, U., & Ula, M. (2017). Implementasi algoritma levenshtein distance dan algoritma knuth morris pratt pada aplikasi asmaul husna berbasis android. Jurnal Sistem Informasi, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v4i1.6285

Article Metrics

 Abstract Views : 26 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh