IMPLEMENTASI SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENENTUAN KELAYAKAN PENERIMA DANA SIMPAN PINJAM

Veri Ilhadi, Cut Nazariah, sayed fachrurrazi

Abstract


Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan metode SAW yakni penelitian yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan mengadakan penelitian data primer di lapangan. Dalam upaya pengelolaan BUMG bertujuan untuk peningkatan kesejahteran ekonomi warga desa melalui pengembangan usaha ekonomi mereka. Pembentukan BUMG dimaksudkan guna mendorong/menampung seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat, baik yang berkembang menurut adat istiadat/budaya setempat. Pengelolaan unit-unit usaha di bawah BUMG merupakan pengelolaan yang lebih tepat dibandingkan pengelolaan di bawah koperasi. Proses penentuan kelayakan penerima dana simpan pinjam pada BUMG gampong Meunasah Drang kecamatan muara batu kabupaten aceh utara masih dilakukan secara manual yaitu dengan cara tatap muka antar si penerima dengan bendahara. Tujuan adanya web ini secara umum yaitu untuk membantu para petugas BUMG dalam melakukan penyeleksian atau penginputan data nasabah simpan pinjam. Hasil dari penelitian ini diperoleh nasabah yang berhak menerima simpan pinjam yaitu Ainol Mardhiah dengan nilai akhir 1 dari criteria C1= ktp pemohon, C2= kk pemohon, C3= pekerjaan, dan C4= keperluan.


Full Text:

PDF PDF

References


Andoyo, A., & Sujarwadi, A. (2017). Sistem Informasi Berbasis Web Pada Desa Tresnomaju Kecamatan Negerikaton Kab. Pesawaran. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 3, 1-10.

Hasugian, Penda Sudarto, Harvei Desmon Hutahaean, and Hengki Tamando Sihotang. "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Guru Wali Kelas Pada SMP Negeri 19 Medan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting." Journal Of Informatic Pelita Nusantara 2.1 (2017): 32-39.

Hidayatullah, Priyanto, dan Jauhati Khairul K. 2015.Pemrograman WEB. Bandung: Informatika Bandung.

James A. O,Brien & George M. Marakas. 2014 Sistem Informasi Manajemen

Jakarta: Salemba Empat.

Madcoms Madiun. 2016 “Pemrograman PHP dan MySQL untuk pemula”

Penerbit Andi Yogyakarta.

Muslihudin, M., & Larasati, A. (2014). Perancangan sistem aplikasi penerimaan mahasiswa baru di stmik pringsewu menggunakan php dan mysql. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 3, 32-39.

Nofriansyah, D., & Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Nofriansyah, Dicky. 2014. Konsep Data mining Sistem Pendukung Keputusan.

Yogyakarta : CV Budi Utama.

Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Sistem Informasi Dan Implementasinya. Bandung : Informatika Bandung.

Siregar, H. F., & Sari, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Simpan Pinjam Uang Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Asahan Berbasis Web. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI, 2(1), 53-58.

Sutanto, Ery Hermawan. 2014. Panduan Aplikatif & Solusi (PAS) Sistem Informasi Penjualan Online untuk tugas akhir. Wahana Komputer: Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v4i1.6271

Article Metrics

 Abstract Views : 12 times
 PDF Downloaded : 0 times  PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh