ANALISIS MODEL TOPSIS DALAM PENENTUAN KUALITAS JALAN

Burhanuddin Burhanuddin, Emi Maulani

Abstract


Kualitas jalan sangat menentukan dalam kenyamanan berendara untuk masyarkat, hal ini dilihat dari banyak aspek yang terdiri dari aspal yang berwarna hitam, agregat yang baik, tidak ada keretakkan pada jalan, pembuatan aspal yang padat, kualitas material. Aspek inilah yang dapat dilihat dari kualitas dari aspal tersebut. Analisis yang digunakan dalam  menentukan kondisi suatu jalan apakah akan dinyatakan dalam kondisi baik atau tidak baik diguankan dengan model topsis yang dapat melihat kualitas jalan tersebut baik atau tidak. Pengukuran dan analisis evaluasi jalan sangat perlu dilakukan untuk melihat kualitas dari jalan tersebut dan bagian apa saja yang rusak. Analisis dalam model topsis dapat menjadikan rekomendasi para pengambilan keputusan sebagian alternatif yang ada sehingga tujuan dapat dicapai.  Kriteria yang digunakan c1 : aspal, c2: lebar, c3 : kuat/kokoh, c4 : tebal, c5 : rata jalan,  x1 7,55, x2 6,40, x3 4,69, x4        5,74, x5 4,90 dan nilai bobot  0,3, 0,2,0,15, 0,2, 0,15 untuk nilai solusi ideal positif dan solusi ideal negative, y1          0,20, y2 0,12, y3 0,10, y4  0,17, y5 0,12, solusi ideal positif y1 0,16, y2 0,09, y30,06, y4            0,07,  y5 0,06, selanjutnya  d1        0,11, d2 0,13, d30,08 dan jarak antara nilai terbobot setiap alternatif terhadap solusi ideal negatif  d1 0,11, d2 0,13,  D3 0,08. Dan hasil analisis terdapat nilai jalan pertama yang dinilai yaitu 1,11, jalan 2 1,13 dan nilai jalan 3 1,08. Jadi aleternatif jalan yang terbaik adalah jalan 2 dengan rangking 1 dan dengan nilai bobot 1,13. Hasil dari penelitian ini adalah dapat melihat dan menganalisis dari masing-masing jalan yang dinilai dan dapat dijadikan rekomendasi untuk dinas dalam pengambilan keputusan

Full Text:

PDF

References


Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Ahmad Abdul Chamid (2016).Penerapan Metode Topsis Untuk Menentukan Prioritas Kondisi Rumah .Universitas Muria Kudus.

Eniyati, S. (2011). Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting).

Hidayat, S., & Irviani, R. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Teladan Ma Al Mubarok Batu Raja Menggunakan Metode Topsis. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 6, 1-8.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2011). Fuzzy Multi Atribut Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kristiawan, P. R., Dewi, D. A. S., & Suharso, S. (2020). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan Berkaitan Dengan Pemeliharaan Jalan (Studi Kasus Jalan yang Menjadi Kewenangan Kabupaten Magelang). Borobudur Law Review, 2(1), 30-39

Kadir Abdul, 2002. Pengenalan Sistem Informasi. Andi Offset, Yogyakarta

Marsono, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Makanan pada Penderita Obesitas dengan menggunakan Metode Topsis. Jurnal Ilmiah Saintikom. Medan: September 2015.

Marpaung, M. S., Setyawan, A., & Suryoto, S. (2018). Evaluasi nilai kondisi perkerasan jalan nasional dengan metode pavement condition index (PCI) menggunakan aplikasi road evaluation and monitoring system (REMS)(studi kasus: ruas jalan Surakarta-Sragen). Matriks Teknik Sipil, 6(4).

Nugroho,A.T dan Rizki,V. 2011. (TOPSIS) Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution.

Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Mnagement), Anggota IKPI, Ghalia Indonesia: Jakarta

R. M., & Farida, I. (2016). Evaluasi Kondisi Struktural Pada Jalan Berdasarkan Hubungan Antara Ketidakrataan Permukaan Jalan (Iri) Dan Indeks Kondisi Jalan (RCI)(Studi Kasus Ruas Jalan Selajambe-Cibogo-Cibeet, Cianjur). Jurnal Konstruksi, 14(1)

Oglesby, Clarkson H., and R. Gary Hicks. "Teknik Jalan Raya Jilid 1." Erlangga, Jakarta (1999).

Sinambela, Lijan Poltak. 2010. Reformasi Pelayanan Publik, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6241

Article Metrics

 Abstract Views : 312 times
 PDF Downloaded : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh