SISTEM INFORMASI COSTUMER CARE BERBASIS WEB PADA PT POS INDONESIA PERSERO CABANG KOTA LHOKSEUMAWE

Mochamad Ari Saptari, Amalia Amalia

Abstract


Dunia pendistribusian yang terus berkembang dikarenakan faktor kebutuhan online meningkat. Tentunya aspek pelayanan menjadi salah satu ujung tombak perusahaan dalam meraih sebuah kesuksesan pasar konsumen. Namun sering kali terjadi masalah dalam hal pelayanan terhadap konsumen sama halnya yang terjadi di Kantor Pos Lhokseumawe. Sering terjadi pada setiap harinya konsumen yang datang ke Kantor Pos Lhokseumawe atau menghubungi via telepon customer service, untuk mengkonsultasikan permasalahan yang dihadapi oleh konsumen tersebut dari mulai melacak keberadaan barang hingga keluhan kerusakan barang. Untuk menindaklajuti ketidaknyamanan tersebut maka diperlukan suatu system management complain yang lebih efektif agar setiap konsumen yang memerlukan jasa pelayanan di kantor pos dapat dilayani dengan baik dan tepat waktu. Sistem informasi ini memudahkan konsumen dalam mengakses costumer service karena terdapat form seperti halaman keluhan konsumen. Bentuk metode yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah metode CRM atau yang dikenal dengan Customer Relation Management. Pembuatan sistem informasi berbasis web ini yaitu dengan merancang UML (Unified Modeling Language), serta menggunakan php myadmin, Xampp, sublime sebagai software pendukung. Untuk hasil penelitiannya diharapkan sistem informasi mempermudah konsumen dalam menyampaikan keluhan tanpa harus mendatangi kantor pos sehingga menjadi lebih cepat dan praktis.


Full Text:

PDF

References


A Arjuna, R. & Irsan, M. 2018. "Aplikasi Konten Pembelajaran Pemrograman Berbasis Android" dalam JUTIS Volume 6 (hlm. 89-94). Tanggerang.

Dimarzio, J.F. 2017. Beginning Android Programming With Android Studio, Canada: United States of America.

Gunadi, D.C.A. dan Zakaria, T.M. 2018. "Perancangan E-Marketplace Sewa-Menyewa Sebagai Alternatif Bisnis di Era Digital" dalam Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Volume 4 (hlm.279-291). Bandung.

Hanafri, M.I. Ramdhan, S. & Nisa, K. 2017. "Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6" dalam Jurnal Sisfotek Global Volume 7 (hlm. 38-44). Tanggerang.

Hidayah, S. Wahyuni, S. & Ani, H.M. 2017. "Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran, Fungsi Dan Manfaat Pajak (Studi Kasus Siswa Kelas Xi Ips 1 Man 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016" dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial Volume 11 (hlm. 117-123). Jember.

Husna, R. 2020. "Efektivitas Pembelajaran Turunan Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Mobile Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa" dalam Jurnal Numeracy Volume 7 (hlm. 324-333). Aceh.

Istiqlal, A. 2018. "Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi" dalam Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Volume 3 (hlm.139-144). Bukit Tinggi.

Kurniawati, I.D. & Nita, S. 2018. "Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa" dalam Doubleclick: Journal Of Computer And Information Technology Volume 1 (hlm. 68-75). Madiun.

Massaty, M.H. 2017. "Sekar Indonesia: Interactive Android-Based Learning Media For History Learning" dalam Indonesian Journal of Informatics Education (hlm. 31-40). Surakarta.

Mulyati, S. & Wardono. 2019. "Kreativitas Matematis Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Berbasis Android Studio"dalam PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika (hlm. 788-797). Semarang.

Nuritno, R.R, H. & Winarso, W. 2017. "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar matematika Siswa" dalam ITEJ Information Technology Engineering Journals (hlm. 1-10). Cirebon.

Permana, M.S. Johar, D. & Bunyamin. 2014. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia" dalam Jurnal Algoritma Volume 11 (hlm. 1-10). Garut.

Shalikhah, N.D. Primadewi, A. & Iman, M.S. 2017. "Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran" dalam Jurnal Warta Lpm, Volume 20 (hlm. 9-16). Magelang

Sunarno, R.W. & Sukarmin. 2015. "Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X Sma/Ma" dalam Jurnal INKUIRI Volume 4 (hlm. 152-162). Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6240

Article Metrics

 Abstract Views : 29 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh