ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK SIRUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE TARGET PROFIT PRICING

Bakhtiar Bakhtiar, syarifah Akmal

Abstract


UD Nira Della yang terletak di kampung Glumpang Sulu Timur, kecamatan Dewantara, kabupaten Aceh Utara merupakan perusahaan UMKM yang bergerak dalam bidang pembuatan Sirup. Sirup yang dihasilkan beraneka rasa, mulai dari rasa pisang ambon, nanas, kopi, melon, leci, jeruk, dan rasa citrom. Dari kesemua rasa tersebut rasa paling diminati adalah rasa pisang ambon. Dalam perbulan UD. Nira Della memproduksi sebanyak 4800 botol, dimana rasa pisang ambon diproduksi sebanyak 3000 botol dan ke enam rasa yang lainnya diproduksi sebanyak 1800 botol, dangan harga jual per botolnya sebesar Rp 5.000. Selama ini UD. Nira Della menerapkan cara konvensional (tradisioanal), hanya berdasarkan perkiraan dalam menentukan harga jual produknya. Metode tersebut tidak selalu tepat digunakan dalam setiap proses negosiasi dengan konsumen, karena dengan menggunakan cara konvensioanal (tradisional) perusahaan tidak dapat menentukan harga jual sebenarnya dan kepastian laba yang diterima oleh perusahaan. Salah satu metode yang digunakan untuk menetukan harga jual produk adalah dengan menggunakan metode target profit Pricing, yang merupakan salah satu metode penentuan harga jual per unit yang memperhitungkan seluruh pengeluaran biaya dengan laba yang telah diperhitungkan dan telah ditargetkan perusahaan melalui penentuan biaya pokok produksi yang dibagi ke dalam biaya variabel dan biaya tetap. Harga Rp. 5.000/botol sirup yang ditetapkan oleh UD. Nira Della, tanpa dilakukan perhitungan secara terperinci terhadap semua biaya pokok produksi dan biaya operasional. Maka berdasarkan hasil perhitungan metode target profit pricing, harga pokok produk diperoleh sebesar Rp 4.695 per unit dan harga jual produk sebesar Rp 5.869 per unit, harga inilah yang seharusnya menjadi harga ekonomi perusahaan.

Yanuardi, M. D. W. I., Novirani, D. W. I., & Adianto, H. (2014). Penetapan Harga Jual Batu Bata pada CV.X dengan Menggunakan Metode Target Profit Pricing. 02(03), 13–24.

Full Text:

PDF

References


Bahri, Ruthia, Rahmawaty. 2019. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Produk (Studi Empiris Pada Umkm Dendeng Sapi Di Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi. 4(2), 344 – 358.

Beutari, D, Laelisneni. 2017. Analisis Penetapan Harga Jual Dalam Perencanaan Laba Pada Home Industri Tempe Setia Budi Medan. Jurnal Bisnis Administrasi. 6(1), 52 - 60.

Kartadinata, Abas. 2001. Akuntansi dan Analisi Biaya, Jakarta, Rineka Cipta.

Kotler. 1998. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi. 1990. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Penerbit: Bagian Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN

Mulyadi. 1999. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Aditya

Sari, Yunita. 2018. Analisis Penentuan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing Dan Pengaruhnya Terhadap Laba Yang Dihasilkan Pada Ud Maju. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS: Jurnal Program Studi Akuntansi. 4(1), 85 – 96.

Soemarsoe. S.R. 1999. Akuntansi Biaya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyono. R.A. 1999. Akuntansi Biaya (Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok). Edisi Ketua. Yogyakarta: BPFE

Supriyono. 2013. Akuntansi Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Yogyakarta: BPFE.

Syaripah, Simatupang, Apriani. 2019. Strategi Penetapan Harga Jual Pada PT Pressindo Engineering Indonesia. Jurnal Mahasiswa Bina Insani. 4(1), 105 – 114.

T. Hongren, Charles. M. Datar, Srikat. Forter, George. 2008. Akuntansi Biaya (Penekanan Manajerial). Jakarta: PT. Indeks

Tjiptono, Fandi. 2000. Akuntansi Biaya. Jakarta: Penerbit Kanisirus,

Toar, O., Karamoy, H., Wokas, H. 2017. Analisis Perbandingan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing Dan Mark Up Pricing Pada Dolphin Donuts Bakery. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 5(2), 2040 – 2050.

Wijaksono, Armanto. 2006. Akuntansi Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yanuardi, M. D. W. I., Novirani, D. W. I., & Adianto, H. (2014). Penetapan Harga Jual Batu Bata pada CV.X dengan Menggunakan Metode Target Profit Pricing. 02(03), 13–24.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6237

Article Metrics

 Abstract Views : 369 times
 PDF Downloaded : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bakhtiar Bakhtiar, syarifah Akmal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh