IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB

mutammimul ula, Maulida Hasbi

Abstract


Penelitian ini memiliki fungsi dalam pengembangan otomatisasi pengolahan data atau buku-buku yang ada diperpustakaan. Konsep yang dikembangkan manajemen yang menyatukan sistem lama / konvensional dalam arsitektur yang akan dikembangkan berbasis web. Sistem informasi perpustakaan berbasis web yang selama ini masih menggunakan cara yang manual dalam inputan data setiap ada kegiatan yang dilakukan, sehingga dalam  kegiatan pengarsipan tidak adanya data yang hilang dan perlu adanya tempat penyimpanan virtual dalam bentuk backup data.  Berdasarkan  permasalahan  yang ada selama ini disekolah maka dibuatlah suatu perangkat sistem aplikasi berbasis WEB yang bisa memberikan solusi untuk petugas perpustakaan dalam mengelola data-data perpustakaan. Dalam proses menjalankan aplikasi terdapat menu-menu tambah data buku, data anggota, data pengguna, dan proses data transaksi  hingga cetak laporan berupa laporan buku, laporan anggota, dan laporan transaksi. Dan proses peminjaman dilakukan oleh petugas (admin) terhadap siswa, hasil peminjaman akan disimpan kedalam tabel transaksi kemudian bisa dicetak dalam bentuk laporan pdf. Hasil penelitian ini ada kelebihan yaitu aplikasi yang dapat digunakan bersama-sama dan dapat dilihat bukti peminjaman buku perpustakaan.


Full Text:

PDF

References


Nugraha, F. “Analisa dan perancangan sistem informasi perpustakaan.” Jurnal SIMETRIS, 5(1), 27–32 (2014).

Atthaillah, A., & Bintoro, A. (2019). Useful Daylight Illuminance (UDI) Pada Ruang Belajar Sekolah Dasar Di Kawasan Urban Padat Tropis (Studi Kasus: SD Negeri 2 Dan 6 Banda Sakti, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia). LANGKAU BETANG: JURNAL ARSITEKTUR, 6(2), 72-86.

Sutabri, Tata. Analisis Sistem Informasi, Edisi Pertama : 22, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2012.

Arif, Ikhwan. Konsep dan Perencanaan dalam Automasi Perpustakaan. 2003.

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, D.S., (2010) Systems Analysis and Design in a Changing World. Boston: Cengage Learning.

Pressman RS. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

Sinaga. 2007. Dian Mengelola PerpustakaaSekolah. Jakarta : Kreasi Media Utama.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6233

Article Metrics

 Abstract Views : 730 times
 PDF Downloaded : 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 mutammimul ula, Maulida Hasbi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh