DIGITAL SIGNAGE SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI

Sayed Fachrurrazi, Hafif Hizli

Abstract


Bersamaan dengan pertumbuhan era, pengumuman informasi yang biasanya dipasang di papan buletin tradisional akan digantikan oleh papan reklame digital atau biasa disebut Digital”Signage. Xibo Digital Signage yang berbasis web dan open source digunakan sebagai server untuk membuat layanan Digital Signage dalam penelitian ini di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Aplikasi Xibo terbagi menjadi Xibo CMS (Content Management System) yang diinstal pada server untuk mengelola informasi yang ditampilkan dan Xibo Player untuk Windows yang diinstal pada klien sebagai Signage Player. Layanan informasi signage digital dibuat dengan menggabungkan sepuluh zona. Setiap area dapat berisi informasi dalam bentuk teks, gambar, video maupun animasi. Hasil akhir dari kerja praktek ini berupa Digital Signage yang menampilkan berbagai macam informasi untuk menunjang berbagai kegiatan. Hasilnya ditentukan dari pengujian fitur-fitur yang ada pada Xibo yang nantinya akan dianalisa dan diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam sarana penyebaran informasi digital

Full Text:

PDF

References


A.S, R., dan M.Shalahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Aditya, A. N. (2011). Mahir Membuat Jaringan Komputer Otodidak. Jakarta: Dunia Komputer.

Ariawan, K. U. (2016). Unjuk Kerja Aplikasi Digital Signage Xibo Pada Proses Pembuatan Papan Pengumuman Digital Di Jurusan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, XIII, 51-59.

Connoly dan Begg. 2012. Pengertian Database Management System, Analys System Information. Yogjakarta.

Dinata, R. K., Novriando, H., Hasdyna, N., & Retno, S. (2020). Reduksi Atribut Menggunakan Information Gain untuk Optimasi Cluster Algoritma K-Means. J. Edukasi dan Penelit. Inform, 6(1), 48-53.

D. Garner, dkk. 2021. “What Is Xibo? | Xibo Open Source Digital Signage.” Spring Signage Ltd. http://xibo.org.uk/about/.

Hidayatullah, P., dan Kawistara, J. K. (2017). Pemrograman WEB. Bandung: Informatika.

Muhajirin, dan Daryono, W. (2018). Penggunaan Digital Signage sebagai Media Informasi Kampus. Jurnal Pekommas, 1-10.

Pratama, I. P. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung.

Rusdan, M., dan Damayanti, S. E. (2017). Implementasi Sistem Digital Signage Menggunakan Aplikasi Open Source Xibo-Digital Signage (Studi Kasus: Universitas Widyatama). Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering (CITISEE), (pp. 327-332). Purwokerto.

Satria, D. (2016). Pembuatan Digital Signage Sebagai Layanan Informais Satu Arah Di Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Padang. Politeknik Negri Padang, 38-42.

Ula, M., Hendriana, Y., & Hardi, R. (2016, October). An expert system for early diagnose of vitamins and minerals deficiency on the body. In 2016 international conference on information technology systems and innovation (ICITSI) (pp. 1-6). IEEE.

Ula, M., Pratama, A., Asbar, Y., Fuadi, W., Fajri, R., & Hardi, R. (2021, April). A New Model of The Student Attendance Monitoring System Using RFID Technology. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1807, No. 1, p. 012026). IOP Publishing.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6226

Article Metrics

 Abstract Views : 548 times
 PDF Downloaded : 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sayed Fachrurrazi, Hafif Hizli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh