MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MEMBANGUN ANDROID APPLICATION FOR BEGINNERS BERBASIS MULTIMEDIA

Muhammad Fadhli Dzil Ikram, Sayed Fachrurrazi, Rizky Putra Fhonna

Abstract


Media pembelajaran interaktif merupakan sarana pembelajaran yang menampilkan visualisasi menarik sehingga membantu memahami informasi yang ada dalam pembelajaran. Media pembelajaran dapat dilakukan secara otodidak menggunakan pembelajaran android karena dapat dipelajari dimana saja dan kapan saja. Permasalahan utama dalam pembelajaran manual adalah kurang menariknya pembelajaran yang dibawakan oleh pengajar sehingga mempengaruhi pemahaman pelajar yang menyebabkan pembelajaran berlangsung tidak efektif. Tujuan membangun pembelajaran android yang dimulai dari dasar materi yang disampaikan sesuai dengan kompetensi dasar dan kebutuhan pembelajaran pada masa kini. Media pembelajaran interaktif berbasis multimedia dibangun dengan android merupakan solusi agar bisa diterapkan untuk pemula. Media pembelajaran android dibangun menggunakan metode System Development life Cycle (SDLC) sehingga menghasilkan aplikasi mobile dengan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan keefektifan dan keefisienan dalam belajar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang berorientasikan pemecahan masalah dengan tingkat keefektifan yang baik. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Android Studio. Adapun hasil penelitian tersebut yaitu Aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia yang dikemas kedalam pemrograman android dengan penyampaian materi-materi yang bersumber dari beberapa buku dan eBook. Selain materi, aplikasi ini juga menampilkan quiz, dan video tutorial dalam pembelajaran android

Full Text:

PDF

References


A Arjuna, R. & Irsan, M. 2018. "Aplikasi Konten Pembelajaran Pemrograman Berbasis Android" dalam JUTIS Volume 6 (hlm. 89-94). Tanggerang.

Dimarzio, J.F. 2017. Beginning Android Programming With Android Studio, Canada: United States of America.

Dinata, R. K., Safwandi, S., Hasdyna, N., & Azizah, N. (2020). Analisis K-Means Clustering pada Data Sepeda Motor. INFORMAL: Informatics Journal, 5(1), 10-17.

Gunadi, D.C.A. dan Zakaria, T.M. 2018. "Perancangan E-Marketplace Sewa-Menyewa Sebagai Alternatif Bisnis di Era Digital" dalam Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Volume 4 (hlm.279-291). Bandung.

Hanafri, M.I. Ramdhan, S. & Nisa, K. 2017. "Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6" dalam Jurnal Sisfotek Global Volume 7 (hlm. 38-44). Tanggerang.

Hidayah, S. Wahyuni, S. & Ani, H.M. 2017. "Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran, Fungsi Dan Manfaat Pajak (Studi Kasus Siswa Kelas Xi Ips 1 Man 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016" dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial Volume 11 (hlm. 117-123). Jember.

Husna, R. 2020. "Efektivitas Pembelajaran Turunan Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Mobile Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa" dalam Jurnal Numeracy Volume 7 (hlm. 324-333). Aceh.

Istiqlal, A. 2018. "Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi" dalam Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Volume 3 (hlm.139-144). Bukit Tinggi.

Kurniawati, I.D. & Nita, S. 2018. "Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa" dalam Doubleclick: Journal Of Computer And Information Technology Volume 1 (hlm. 68-75). Madiun.

Massaty, M.H. 2017. "Sekar Indonesia: Interactive Android-Based Learning Media For History Learning" dalam Indonesian Journal of Informatics Education (hlm. 31-40). Surakarta.

Mulyati, S. & Wardono. 2019. "Kreativitas Matematis Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Berbasis Android Studio"dalam PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika (hlm. 788-797). Semarang.

Nuritno, R.R, H. & Winarso, W. 2017. "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar matematika Siswa" dalam ITEJ Information Technology Engineering Journals (hlm. 1-10). Cirebon.

Nurdin, N., Fahrozi, F., & Ula, M. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JENIS TANAH YANG SESUAI UNTUK TANAMAN PANGAN MENGGUNAKAN METODE SMARTER DAN SAW. Informatika Pertanian, 29(2), 83-94.

Permana, M.S. Johar, D. & Bunyamin. 2014. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia" dalam Jurnal Algoritma Volume 11 (hlm. 1-10). Garut.

Shalikhah, N.D. Primadewi, A. & Iman, M.S. 2017. "Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran" dalam Jurnal Warta Lpm, Volume 20 (hlm. 9-16). Magelang

Sunarno, R.W. & Sukarmin. 2015. "Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X Sma/Ma" dalam Jurnal INKUIRI Volume 4 (hlm. 152-162). Surakarta.

Ula, M., Pratama, A., Asbar, Y., Fuadi, W., Fajri, R., & Hardi, R. (2021, April). A New Model of The Student Attendance Monitoring System Using RFID Technology. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1807, No. 1, p. 012026). IOP Publishing.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i2.6222

Article Metrics

 Abstract Views : 34 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh