Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Smkn 3 Lhokseumawe

Zahratul Fitri, Muhammad Zulfat Akbar, Mutammimul Ula

Abstract


Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan peserta didik untuk mengembangkan segala potensi yang dimilikinya, Pendidikan memegang peranan penting untuk kelangsungan kehidupan suatu bangsa dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia, Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran harus diperhatikan dan dipahami oleh setiap guru, sehingga guru dapat mengetahui sudah sejauh mana pemahaman siswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan interaktif learning berbasis pembelajaran blended untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yang menitik beratkan pada model pembelajaran projek base learning(PjBL). Metode penelitian yang digunakan penelitian ini yaitu penelitian menggunakan tindakan kelas, penelitian ini dilaksakan dengan 3 unsur yaitu kelas, guru dan siswa yang menjadi titik focus penelitian, penelitian ini bersubjek siswa SMKN 3 Lhokseumawe berjumlah 42 siswa,Tahapan penelitian yaitu Observasi kelas, perencanaan tindakan kelas (tindakan luring dan daring), pengamatan kelas, dan refleksi hasil (Secara Daring). Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Project Based Learning secara daring dan luring yaitu meningkatnya kualitas belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital dengan materi pengolahan kata, angka dan presentasi efektif, dengan data peningkatan dari sebelum menggunakan model pembelajaran ini yaitu rata kelas 49,52 menjadi 83 setelah menggunakan model pembelajaran Project based learning dengan interaktif learning dan nilai rata-rata kelas dari nilai 59,28 menjadi 86,38 setelahanya.

 

Kata Kunci :Interaktif Learning, Pembelajaran Blended,Project Base Learning(PjBL) Kualitas Siswa


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2013. Riset dan Prilaku Sosial. Bandung: Pustaka Cendikia Utama

Akbar, Purnomo Setyadi. Usman. 2018. Metodelogi Penelitian Social. Jakarta: Bumi Aksara

Baharuddin. 2010. Teoi Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Creswell, John W. 2010. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition.Thousand Oaks: California.

Djamarah.2008.Guru dan Anak Didik.Jakarta: Rineka cipta

Dinata, R. K., Fikry, M., & Tahir, H. (2018). Implementasi Algoritma Multiplicative Congruential Random Number Generator Pada Try-Out Smp (Sekolah Menengah Pertama) Berbasis Client Server. Techsi-Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 129-140.

Dinata, R. K., Fajriana, F., Zulfa, Z., & Hasdyna, N. (2020). Klasifikasi Sekolah Menengah Pertama/Sederajat Wilayah Bireuen Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors Berbasis Web. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(1), 33-37.

Fuad,H Ihsan. 2010. Dasar-dasarKependidikan . Jakarta: Rineka Cipta

Jocye, Bruce R. 2009. Model Of Teaching. Malang: Katalog Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Hamalik, Omar.2009. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara

Margiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan . Jakarta: Rineka cipta

Miarso. 2011.Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada

Purwanto.Bloom. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung Remaja Rosdiakarya

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengaja. Jakarta: Raja Grafindo

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdiakarya

Sanjaya. 2010. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses.Jakarta: Pernada Media

Rustam, dkk. 2010.Media Pembelajaran.Surakarta: Yuma Pustaka

Suryabrata, Sumandi. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Sukardi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung Remaja Rosdakarya

Trygg, Baker.E, Otto P Tudor. 2011.Projext Based Learning Model.Chicago: The 21st Century Publisher

Wena, Made. 2009. Statergi pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta :Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i1.4857

Article Metrics

 Abstract Views : 529 times
 PDF Downloaded : 269 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh