Desain dan Realisasi Timbangan Beras dengan Masukan Harga dan Berat Berbasis Mikrokontroler

Afrilia Rizda Hafni, Muhammad Daud, Ainal Mardhiah

Abstract


Bagi masyarakat, beras adalah makan utama dan diolah menjadi nasi sehingga dapat dikonsumsi baik di negara Indonesia maupun negara lainnya. Masyarakat Indoneisa banyak yang bekerja sebagai pedagang. Pada umumnya para pedangan di pasar masih banyak yang menggunakan timbangan manual yang banyak sekali didapat hasil pengukuran yang tidak teliti karena tingkat presisi yang rendah. Tugas akhir ini menyajikan alat timbangan beras untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Alat ini dirancang dan dibangun menggunakan mikrokontroler sebagai prosesor, satu jenis sensor sebagai input, keypad sebagai input dan motor servo sebagai output. Salah satu sensor yang digunakan adalah sensor load cell atau sensor berat untuk membaca  berat beras. Pengujian ini dilakukan dengan tiga pengujian dengan harga beras yang berbeda-beda. Dari hasil tes diperoleh bahwa alat timbangan beras ini dapat berfungsi dengan baik dan relative akurat. Hasil pengujian penimbangan beras yaitu berhasil membeli beras dengan selisih akurasi berat beras sebesar 0 sampai 8 gram dan menunjukkan bahwa rata-rata error yang didapatkan pada pengujian penimbangan melalui masukan harga, penimbangan beras pada tabung A adalah 14%, penimbangan beras pada tabung B adalah 0,7%, dan penimbangan beras pada tabung C adalah 0,3%. Adapun hasil pengujian penimbangan dengan masukan berat mengandung error masing-msing untuk beras pada tabung A adalah 0,9%, penimbangan beras pada tabung B adalah 0,9% dan penimbangan beras pada tabung C adalah 0,9%.


Keywords


Timbangan beras; NodeMCU ESP8266; sensor Load Cell; LCD 20x4; motor servo

Full Text:

PDF

References


D. Oleh And M. Cholil, “Makalah Seminar Hasil Purwarupa Alat Penakar Dan Pembersih Beras Automatis Berbasis Arduino Uno (Device Prototype Of Automatic Rice Measuring And Cleaning Based Arduino Uno) Program Studi Teknik Elektro S-1 Peminatan Teknik Elektronika Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang 2022.”

M. Mustofah And P. Utami, “Perangkat Penentu Kualitas Beras Ditinjau Dari Kadar Air Dan Berat Butir Menir Berbasis Arduino Uno,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., Vol. 4, No. 1, Pp. 39–48, Nov. 2019, Doi: 10.21831/Elinvo.V4i1.21516.

M. Rizki, “Perancangan Sistem Pengendali Pintu Pagar Otomatis Menggunakan Android Speech Recognition Berbasis Arduino,” Pp. 1–61, 2018.

E. Madona, J. Teknik Elektro Politeknik Negeri Padang, K. Politeknik Negeri Padang, And L. Manis Padang, “Rancang Bangun Timbangan Beras Digital Dengan Tampilan Berat Dan Harga Menggunakan Output Suara,” Elektron J. Ilm., Vol. 10, 2018.

K. Irawan, Alexander, “Rancang Bangun Prototype Smarthome Menggunakan Nodemcu Berbasis Internet Of Things (Iot),” Skripsi, 2019.

J. Tugas Et Al., “Rancang Bangun Alat Timbang Beras Dan Tepung Berbasis Arduino Uno.”

D. B. Pramusinto, “Rancang Bangun Timbangan Duduk (Berat Badan Dan Tinggi Badan) Lansia Berbasis Arduino,” P. 13, 2019, [Online]. Available: Https://Eskripsi.Usm.Ac.Id/Detail-C41a-173.Html

S. Hendra, H. R. Ngemba, And B. Mulyono, “Perancangan Prototype Teknologi Rfid Dan Keypad 4x4 Untuk Keamanan Ganda Pada Pintu Rumah,” E-Proceedings Kns&I Stikom Bali, Pp. 640–646, 2017, [Online]. Available: Http://Knsi.Stikom-Bali.Ac.Id/Index.Php/Eproceedings/Article/View/117

V. T. Bawotong, “Rancang Bangun Uninterruptible Power Supply Menggunakan Tampilan Lcd Berbasis Mikrokontroler,” E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., Pp. 1–7, 2015.

F. S. Yelvita, “Rancang Bagun Model Timbangan Digital Menggunakan Sensor Load Cell Dan Pencatatan Hasil Timbangan Berbasis Iot,” הארץ, No. 8.5.2017, Pp. 2003–2005, 2022.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v7i2.13862

Article Metrics

 Abstract Views : 87 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh