ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK SABUN BATANG DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DI PT. JAMPALAN BARU

Defi Irwansyah, Tasya Arsanti Silalahi

Abstract


PT. Jampalan Baru merupakan perusahaan yang memproduksi sabun batang dan sabun cream. dalam memproduksi sabun batang perusahaan masih menghasilkan produk sabun yang belum memuaskan konsumen. maka diperlukan upaya untuk melihat sejauh mana pencapaian perusahaan yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan oleh perusahaan dalam memproduksi sabun batang dengan tujuan mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan memberikan usulan perbaikan produk dengan metode IPA. kepuasan konsumen itu suatu keadaan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen dapat terpenuhi melalui jasa atau produk yang dikonsumsi. Importance-Performance Analysis (IPA) digunakan untuk membuat peringkat (rangking) bermacam-macam atribut jasa dan mengidentifikasikan tindakan apa yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan PT Jampalan Baru memiliki kualitas yang sudah baik dan harapan terpenuhi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nasabah merasa puas dengan produk tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah rata-rata dari tingkat kepuasan konsumen pada hasil tingkat sesuaian responden yang mencapai 95%. Meskipun pada kenyataannya masih ada beberapa item atribut yang memerlukan peningkatan dan harus tetap diprioritaskan perbaikannya. Terdapat 3 atribut pada kuadran I, 5 atribut pada kuadran II, 3 atribut pada kuadran III dengan rekomendasi perbaikan pada kuadran Utama yaitu menambahkan pewangi pada sabun batang, mengurangi kadar air dalam pembuatan sabun dan menambah komposisi warna yang lebih cerah pada sabun batang.


Full Text:

PDF

References


Aristiyani, R., Arifin, B., & Lestari, D. A. H. (2021). Analisis Pendapatan Dan Curahan Tenaga Kerja Rumah Tangga Petani Kelapa Sawit Swadaya Di Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah.

Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). Studi Empiris tentang Kontribusi Harga, Varian Produk, dan Kemasan terhadap Pembentukan Minat Beli Produk Sabun Mandi Batang (Studi Kasus terhadap Pekerja Rantau di Kota Surabaya). Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 4(2), 99-116.

Dewi, L. K., Cahyani, C., Nurhadianty, V., & Sarosa, A. H. (2022). Analisis kelayakan ekonomi produk sanitasi dalam upaya self-sufficiency. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 411-423.

Lieana, V., & Fuad, M. (2021). The Influence Of Product Quality And Price On Satisfaction Dunkin'donuts Customers In Kelapa Gading Region North Jakarta. Jurnal Manajemen, 10(1), 11-20.

Hasanuddin, M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(1).

Nurhayati, L., & Dewantoro, A. D. (2023). Pengendalian Kualitas pada Proses Pembahanan Kayu Finger Joint Laminating dengan Integrasi Seven Tools dan Quality Function Deployment. Matrik: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, 23(2), 179-194.

Surya, M. A. (2018). Analisis Persepsi Dan Brand Association Terhadap Pembeli Sabun Mandi Cair Lifebouy Di Samarinda. JMA: JURNAL MANAJEMEN DAN AKUNTANSI, 7(2), 063-074.

Yudha, E. P., Suryana, D. N., & Sitio, A. A. P. (2022, June). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Perusahaan Multinasional Dunkin Donuts. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis (Vol. 6, No. 1, pp. 392-400).

Wisanggeni, P. D., Hartiati, A., & Sadyasmara, C. A. B. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di “Waroeng Kampoeng” Jimbaran menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Potential Gain Customer Value (PGCV). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 8(4), 535.

Zikra, R., & Yusra, Z. (2017). Kepuasan wanita berbelanja produk fashion berdasarkan cara membeli. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 7(1), 55-66.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v7i1.12522

Article Metrics

 Abstract Views : 98 times
 PDF Downloaded : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Defi Irwansyah, Tasya Arsanti Silalahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.