IMPLEMENTASI ADDIE MODEL DALAM PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS CASE METHOD

Agnes Irene Silitonga, Pebri Hastuti, Roza Thohiri, Annisa Fadhillah Pulungan

Abstract


ADDIE Model merupakan framework yang paling banyak digunakan oleh perancang instruksional karena memberikan pedoman yang fleksibel untuk membantu perancang instruksional membuat alat pendukung praktis. Dalam penelitian ini, ADDIE Model diimplementasikan dalam pengembangan e-module berbasis case method pada Mata Kuliah Pasar Modal Mata Kuliah Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa e-module Kursus Pasar Modal berbasis metode kasus yang dikembangkan valid, efektif, praktis, dan bermanfaat sebagai bahan perkuliahan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian belajar siswa sebesar 80,95%.


Keywords


ADDIE Model, E-module, Case method

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Y. 2013. Instructional Design and Motivation in Computer-Based Learning Environment. IOSR Journal of Computer Engineering (IOSRJCE), 8(3), 9–12.

Branch, R. M. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Darmawan, D. (2013). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto & Darmiatun, S. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th Edition). New Jersey: Longmann.

Lestari, N. W. E., Hardinto, P., & Rokhmani, L. (2015). Pengembangan E-module Ekonomi Pada Materi Uang Dan Perbankan Untuk Siswa Kelas X A SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 18 – 27.

Morrison, G. R. (2010). Designing Effective Instruction (6th Edition). John Wiley & Sons.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Prayudha, D. R. (2016). Pengembangan E-module dengan Model Problem Based Learning pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 48 – 56.

Putra, K. W. B., Wirawan, I M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-module Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1).

Sobri, M., Muid, A., & Daud, S. M. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Case method dalam Mengatasi Demotivasi Belajar During Mata Kuliah Muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam, 2(2), 1-12.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-module Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i2.10298

Article Metrics

 Abstract Views : 214 times
 PDF Downloaded : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agnes Irene Silitonga, Pebri Hastuti, Roza Thohiri, Annisa Fadhillah Pulungan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.