SISTEM E-ARSIP SURAT BERBASIS WEB PADA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KAB. ACEH TAMIANG

Sujacka Retno, Rozzi Kesuma Dinata, Selly Alfika

Abstract


Arsip adalah catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi dengan berbagai macam bentuk yang dibuat oleh lembaga, organisasi maupun perseorangan dalam rangka pelaksanaan kegiatan. Tidak terkecuali pada sistem arsip kedinasan untuk menandai surat masuk dan surat keluar yang masih bersifat manual, dimana hal ini sangat tidak efesien karena surat masuk maupun surat keluar yang ada bisa saja terselip, hilang dan robek. Oleh karena itu sangat perlu untuk merubah sistem arsip manual menjadi sistem arsip berbasis web supaya membantu proses penyimpanan data surat. Sehingga dapat meningkatkan kualitas sistem pada layanan arsip surat. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah sistem arsip surat berbasis web.


Keywords


Sistem E-Arsip, Website, PHP, MySQL

Full Text:

PDF

References


Dinata, R. K., Bustami., Retno, S., & Daulay, A. P. B. (2022). Clustering the Spread of ISPA Disease Using the Fuzzy C-Means Algorithm in Aceh Utara. International Journal of Information System and Innovative Technology, 1(2), 21-30.

Maesaroh, S., Erliyani, I., & Ningsih, Y. F. (2020). Aplikasi Pengolahan Data Kependudukan Industri 4.0 Berbasis Web. Journal Cerita, 6(1), 95-105.

Nababan, L., & Sinambela, L. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Bedah Rumah Keluarga Miskin Menggunakan Metode Moora. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 2(2), 20-27.

Puspita, D., Muslim, B., & Aminah, S. (2019). Aplikasi Pengelolaan Data Penduduk Dengan Pemrograman PHP (Studi Kasus: Kecamatan Suka Merindu). JURNAL ILMIAH BETRIK: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, 10(01), 7-16.

Retno, S., Hasdyna, N., Dinata, R. K. (2022). Penerapan Algoritma Profile Matching Dalam Penerimaan Beasiswa Berprestasi di SD Negeri 19 Muara Satu. JETI: Jurnal Elektronika dan Teknologi Informasi, 3(2), 44-50.

Retno, S., Hasdyna, N., Mutasar, M., & Dinata, R. K. (2020). Algoritma Honey Encryption dalam Sistem Pendataan Sertifikat Tanah dan Bangunan di Universitas Malikussaleh. INFORMAL: Informatics Journal, 5(3), 87-95.

Solichin, A. (2016). Pemograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Sujono, S. (2018). Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web Pada Kantor Kepala Desa Puput Kec. Simpangkatis. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 9(1), 707-716.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sutinah, E. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Profile Matching dalam Pemilihan Salesman Terbaik. Informatics for Educators and Professionals, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i2.10296

Article Metrics

 Abstract Views : 215 times
 PDF Downloaded : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sujacka Retno, Rozzi Kesuma Dinata, Selly Alfika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


 
 

Universitas Malikussaleh
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.