Sistem Informasi Pendataan Hasil Perikanan Di Kota Lhokseumawe Berbasis Website

Dinda Saima Agustina Siregar, Mutammimul Ula

Abstract


Tantangan dalam pengembangan dan kemajuan perihal perikanan di Indonesia adalah lemahnya data dan informasi terkait hal tersebut yang berpengaruh terhadap akurasi dan ketepatan waktunya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia sudah seharusnya mempunyai Sistem Informasi Pendataan Hasil Perikanan salah satunya pada Kantor Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Lhokseumawe. Dimana pada Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Lhokseumawe, untuk mendata hasil perikanan pada bidang perikanan masih menggunakan pendataan manual, dengan cara mencatat satu persatu hasil yang ada kemudian di input kedalam Microsoft Office atau Microsoft Excel. Berdasarkan hal tersebut maka penulis mengembangkan sebuah Aplikasi Berbasis Web pada Kantor Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Lhokseumawe. Sistem Informasi ini akan memberikan manfaat yang besar terutama dapat membantu kerja pegawai menjadi lebih mudah dan lebih efisien. Dengan adanya Aplikasi Pendataan Hasil Perikanan Berbasis Web ini, diharapkan nya kedepannya para Pegawai Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Lhokseumawe dapat mendata hasil perikanan dalam pembuatan laporan akhir tahunannya.


Keywords


Sistem Informasi, Perikanan, Web App, Pendataan.

Full Text:

PDF

References


Azizah, K. (2021). Pengertian HTML Lengkap dengan Fungsi dan Sejarah Kemunculannya. Pengertian HTML Lengkap Dengan Fungsi Dan Sejarah Kemunculannya.

Erinton, R. Negara, R. Sanjoyo, D. (2017). EProceedings of Engineering 4. Analisis Performasi Framework Codeigniter Dan Laravel Menggunakan Web Server Apache.

Fatimah, dan S. (2019). Perancangan Sistem Informasi E-Jurnal Pada Prodi Sistem Informasi Diuniversitas Islam Indragiri.” Jurnal Perangkat Lunak 1(1):33–49. Perancangan Sistem Informasi E-Jurnal Pada Prodi Sistem Informasi Diuniversitas Islam Indragiri.

Gligorijevic, N., D. Robajac, and O. N. (2019). Биохимия 84. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERUMAHAN MENGUNAKAN METODE SDLC PADA PT. MANDIRI LAND PROSPEROUS BERBASIS MOBILE.

Laily, I. N. (2022). https://katadata.co.id/safrezi/berita/6200a2a9697ec/pengertian-website-menurut-para-ahli-beserta-jenis-dan-fungsinya. Pengertian Website Menurut Para Ahli, Beserta Jenis Dan Fungsinya.

Rozaq, A., Lestari K.F., & Handayani, S. (2015). Pengembangan Sistem Absensi Mahasiswa Realtime Menggunakan Php, Mysql, Sms Gateway, Dan Framework CodeigniteR. Sistem Informasi Produk Dan Data Calon Jamaah Haji Dan Umroh Pada PT. Travelindo Lusiyana Banjarmasin Berbasis Web, 5.

Silvia. (2019). Aplikasi E-Learning Siswa Smk Berbasis Web. Pengertian Javascript Dan Kegunaannya, 1, 10.

Wahyudi, M. D., & Ridho, M. R. (2019). No Title. Sistem Informasi Penjualan Mobil Bekas Berbasis Web Pada Cv Phutu Oil Club Di Kota Batam. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.ph p/comasiejournal/article/view/1565.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i2.10140

Article Metrics

 Abstract Views : 421 times
 PDF Downloaded : 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh