Sistem Pakar Mendeteksi Tingkat Kecanduan Belanja Online Pada Wanita Berbasis Web Menggunakan Metode Certainty Factor

Intan Rahmatin, Muthmainnah Muthmainnah, Angga Pratama

Abstract


Banyak orang yang menjadi sangat mudah tergiur dalam berbelanja online akhir-akhir ini, terutama para wanita. Apalagi sekarang telah banyak muncul berbagai platform e-commerce yang menawarkan beragam jenis produk yang menarik saat dilihat. Kebiasaan belanja online juga dapat menimbulkan gangguan psikis berupa kecanduan apabila tidak segera ditangani. Orang yang mengalami kecanduan belanja online tidak akan pernah merasa puas setelah berbelanja, dia akan terus membeli barang-barang melalui internet tanpa mempertimbangkan kondisi finansialnya. Seseorang yang mengalami kecanduan biasanya membutuhkan seorang pakar dibidang psikologi atau psikiater untuk membantunya mengatasi hal tersebut. Namun masih ada juga orang yang merasa enggan mendatangi psikiater karena factor-faktor tertentu seperti keterbatasan waktu dan biaya. Oleh karena itu, dihadirkan sistem pakar(Expert System) yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. hasil sistem pakar ini dapat diakses melalui situs web. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah wanita karena wanita sering di indentikkan dengan belanja. Diharapkan sistem pakar yang akan dirancang ini dapat mendeteksi tingkat kecanduan belanja online pada wanita berdasarkan kategori rendah, sedang, dan tinggi.


Keywords


Belanja Online, Kecanduan, Sistem Pakar, Certainty Factor

Full Text:

PDF

References


Ramadhan, P. S., & S.Pane, U. F. (2018). Mengenal Metode Sistem Pakar. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Marimin. (2017). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan dan Sistem Pakar. Bogor, Indonesia: IPB Press.

Prasetyo, Y. (2017). Gaya Hidup Dan Shopping Addiction. Jurnal Psikologi Indonesia , 6 (2).

Ibrahim, A. dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Wibisono, S. K., Wulandari, A. T., & Supriyatin. (2021). Rancangan Bangun Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Pada Remaja Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi , 2 (1).

Nurrachadiana, C. (2019). Perempuan Pasti Bisa. Jakarta: Gramedia.

Rawansyah, Arief, S. N., & Amin, A. N. (2020). Sistem Pakar Diagnosa Tingkat Kecanduan Online Game Mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Negeri Malang Dengan Metode Certainty Factor. Informatika Aplikatif Polinema (Siap).

Widodo, E., & Jaya, S. (2018). Implementsi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Tingkat Depresi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dengan Metode Certainty Factor. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa-SIGMA , 8 (2).

Mulyono, H., Darman, R. A., & Ramadhan, G. (2020). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Pada Laptop Menggunakan Metode Certainty Factor. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) .

Handrianto, Y., & Sanjaya, B. (2020). Model Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Produk Dan Outlet Berbasis Web. JII: Jurnal Inovasi Informatika Universitas Pradita , 5 (2).

Yulianti, W., Trisnawati, L., & Manullang, T. (2019). Sistem Pakar Dengan MetodeCertainty FactorDalam Penentuan Gaya Belajar Anak Usia Remaja. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone , 10 (2).

Andesti, C. L., Sumijan, & Nurcahyo, G. W.(2020). Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty Factor dalam Akurasi Mengidentifikasi Penyakit Gingivitis pada Manusia. Jurnal Informasi dan Teknologi.

Sari, R. K. (2016). Kecenderungan Perilaku Compulsive Buying Pada Masa Remaja Akhir Di Samarinda. Psikoborneo.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i2.10139

Article Metrics

 Abstract Views : 421 times
 PDF Downloaded : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Intan Rahmatin, Muthmainnah Muthmainnah, Angga Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh