Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bireuen

Cut Agusniar, Leni Aryanti

Abstract


Sistem informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) adalah sebuah sistem yang dibuat untuk proses surat menyurat mengenai perintah perjalanan dinas (SPPD), Surat ini dibutuhkan sebagai bukti seorang pegawai dalam melaksanakan tugas. Proses Pengelolaan SPPD di bagian umum sekretariat daerah kabupaten bireuen masih secara manual dan hanya dikerjakan melalui bantuan aplikasi Microsoft office, sehingga dalam menghasilkan seluruh laporan dirasakan masih belum akurat dan masih membutuhkan waktu yang lama. Untuk melengkapi data pelaporan pada penelitian ini, maka dilakukan observasi dan analisa kebutuhan sistem di bagian umum sekretariat daerah kabupaten bireuen, selain itu dilakukan studi pustaka untuk memperoleh data data yang relavan. Perancangan website ini merupakan salah satu alternative yang efektif untuk pengelolaan laporan perjalanan dinas pada bagian umum sekretariat daerah kabupaten bireuen dan setelah itu diharapkan mampu menghasilkan laporan perjalanan dinas dengan cepat dan akurat. hasil dari penelitian ini adanya sistem informasi surat perintah perjalanan dinas ini, staff akan lebih mudah dan efesinsi dalam pengelolaan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD).


Keywords


Sistem Informasi, SPPD, Web, UML, MySQL

Full Text:

PDF

References


Andriani,Rahmi.(2019).Jurnal TEKNOIF. Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD, Vol. 7,32-39.

Elsa Tomisa, Muhammad. Nadrah.(2019). Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. Pengaruh Perintah Perjalanan Dinas Terhadap Peningkatan Motivasi Kerja Aparatur Sipil Negara Di Sekretariat Dprd Kabupaten Bengkalis, Vol. 8,237-249.

Mamase,Saprina.(2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas,Vol 6,7-11.

Utama,Yadi(2011). Jurnal Sistem Informasi (JSI). Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, Vol. 3,359.370.

Prasetyaningrum,Devita Diah.(2018). Rancangan Sistem Informasi Perjalanan Dinas Berbasis Web Studi Kasus: Direktorat Jenderal Sumber Daya Dan Perangkat Pos Dan Informatika,Vol.1.

Agitha, Nadiyasari dkk.(2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas pada Sekretariat Daerah Provinsi Berbasis Web,Vol.2,29-36.

Aristo, Alfry.(2019). Komputerisasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) Pada Kantor Dinas Peternakan Provinsi Nusa Tenggara Timur Berbasis Web.Vol.3,60-69

Mallisza,Danyl dkk. (2022). Implementasi Model Waterfall Dalam Perancangan Sistem Surat Perintah Perjalanan Dinas Berbasis Website Dengan Metode SDLC. Vol. 1, 24-35.

Puspitasari, Nindya Eka. Putri Aisyiyah Rakhma Devi. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Di Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Lamongan. Volume 4, 107-115.

Aryanto, I Komang Agus Ady. (2020). Sistem Informasi Pengolahan Surat Perintah Perjalanan Dinas Berbasis Web Studi Kasus di Desa Nyambu, Vol.1,17-25.

Novianti, Dian. yahril Amin. (2021). Rancangbangun Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Pada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Papua Barat Berbasis Web, Vol. 6.

Handika, Rendi. Ady Widjaja. (2018). Rancangan Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Pada Balai Teknologi Air Dan Limbah Dengan Berbasis Aplikasi Web, V O L . 1, 416-422.

Marsya, Alviona. (2022). Perancangan Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Berbasis Website di BPKH I Medan, VOL. 01, 97-107.




DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i2.10138

Article Metrics

 Abstract Views : 515 times
 PDF Downloaded : 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
 

Universitas Malikussaleh