EFEKTIFITAS PERAN OMBUDSMAN DALAM PENCEGAHAN MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK DI MASA COVID-19 (Studi di Ombudsman Aceh)

mukhlis mukhlis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas peran Ombudsman Aceh dalam mencegah maladministrasi pelayanan publik di masa COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman Aceh telah melakukan sejumlah upaya dalam mencegah maladministrasi pelayanan publik di masa pandemi COVID-19, seperti memantau pelayanan publik yang terkait dengan COVID-19, memberikan rekomendasi dan saran kepada pemerintah dan instansi terkait, serta menangani pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik yang bermasalah. Namun, masih terdapat kendala dalam efektivitas peran Ombudsman Aceh, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan teknologi yang dimiliki, serta kurangnya koordinasi dan sinergi dengan pemerintah dan instansi terkait. Oleh karena itu, disarankan agar Ombudsman Aceh meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan pemerintah dan instansi terkait, meningkatkan sumber daya manusia dan teknologi yang dimiliki, serta meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pelayanan publik di masa COVID-19. Dengan demikian, Ombudsman Aceh dapat memainkan peran yang lebih efektif dalam mencegah maladministrasi pelayanan publik di masa pandemi COVID-19.

Keywords


Ombudsman Aceh, Maladministrasi, Pelayanan public, COVID-19, Efektivitas

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Buku-buku

Agung Kurniawan, Transformasi Pelayanan Publik, Pembaruan, yogyakarta,

Bappenas, Manajemen Pengaduan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik,

Laporan Kajian, 2010.

Denhardt, Janet V “et.al”. The New Publik Service. M.E Sharpe Inc, New York,

M. Syamsuddin, Operasionalisasi Penelitian Hukum , Raja Grafindo Persada,

Jakarta, 2007..

Nuurbani. Erlies Septiana., dan H. Salim HS, Penerapan Teori Hukum Pada

Penelitian Disertasi Dan Tesis , Rajawali Pers, Jakarta, 2016.

Ghazali "et.al.", Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan Dan

Implementasi, Bumi Aksara, Jakarta, 2008.

Lembaga Administrasi Negara, Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik

Indonesia, Perum Percetakan Negara, Jakarta, 2003.

Sinambela..Lijan Poltak., Reformasi Pelayanan Publik , Bumi Aksara, Jakarta,

Soeejono Soekanto, Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penegakan Hukum,

Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2007

B. Jurnal

Azhar Abbas dan Karol Teovani Lodan, Peran Pengawasan Ombudsman Dalam

Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Jurnal Dialektika Publik 5, No. 1

Dienter Ivana Elpez dan Fink, Information System Success in the Public Model

of Information System Succuss, Journal Of Manegement Information System

, no. 4 2003.

Dimas Prasetya, Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Rangka

Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota

| Jurnal Ilmu Hukum REUSAM: Volume Nomor Hal:

Malang), Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya 1,

No. 6 2013.

Efendi T. Fitra Yusriwan, "et.al.", Peran Ombudsman Perwakilan Aceh Dalam

Pengawasan Kinerja Pemerintah Di Kota Banda Aceh, Law Journal 2, No.

2018.

---------- Hasan dan Zuhra Savitri, Optimalisasi Peran Ombudsman Aceh Dalam

Upaya Pencegahan Mal Administrasi Kepegawaian Pada Dinas Pendidikan

Aceh, Ilmiah Mahasiswa FISIP UNSYIAH 3, No. 4 2019.

Elfa Murdiana, Menggagas Payung Hukum Baitul Maal Wattanwil (Bmt)

Sebagai Koperasi Syari’Ah Dalam Bingkai Ius Constituendum, Jurnal

Penelitian 10, No. 2 2017.

Ivana Elpez, “et.al.”, Information System Success in the Public Model of

Information System Succuss, Journal Of Manegement Information System

, No. 4 2003.

Muhdlor , Ahmad Zuhdi, Perkembangan Metodologi Penelitian Hukum Ahmad,

Jurnal Hukum Dan Peradilan 1, No. 2 2012.

Philipus M. Hadjon, “et.al”, Pengantar Hukum Administrasi Indonesia.

(Introduction to The Indonesian Administrative Law), Gadjah Mada

University Press, Yogyakarta:, 1999, hlm. 303 dalam Setiajeng Kadarsih,

Tugas dan Wewenang Ombudsman Republik Indonesia dalam Pelayanan

Publik Menurut UU No. 37 Tahun 2008, Fakultas Hukum Universital

Jenderal Soedirman, Jurnal dinamika hukum Vol.10 No. 2 Mei 2010.

Ria Novita Sari, Efektivitas Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan

Provinsi Riau Dalam Menyelesaikan Laporan Masyarakat Dibidang

Pelayanan Publik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2009

Tentang Ombudsman, Journal of Chemical Information and Modeling 53,

no. 9 2019.

Sibuea,Harris Y P, Penegakan Hukum Pengaturan Minuman Beralkohol, Negara

Hukum 7, No. 1 2016.

Solechan, Memahami Peran Ombudsman Sebagai Badan Pengawas

Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Adminitrative Law and

Governance Journal, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Vol. 1 Edisi




DOI: https://doi.org/10.29103/reusam.v8i2.10816

Article Metrics

 Abstract Views : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 mukhlis mukhlis


REUSAM: Jurnal Ilmu Hukum

P-ISSN : 2338-4735

E-ISSN : 2722-5100