PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Muttakin Muttakin, Ucia Mahya Dewi, Arlin Maya Sari, Riza Andriani, Tulus Setiawan

Abstract


Pembelajaran dikelas dapat berjalan dengan baik jika proses pembelajaran juga berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap penerapan media Word Square dalam pembelajaran kimia pada materi struktur atom, mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media Word Square pada materi struktur atom dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan media Word Square dalam pembelajaran kimia pada materi struktur atom. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes berupa pre-test dan post-test dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan media pembelajaran word square pada materi struktur atom sangat baik, berturut-turut sebesar 79,17 dan 83,00. (2) Hasil belajar siswa terhadap penggunaan media pembelajaran word square pada materi struktur atom yaitu sebesar 92,59. (3) Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran word square pada materi struktur atom sangat positif, yaitu sebesar 91,66 dan respon negatif yaitu sebesar 8,33.


Keywords


Media word square, Struktur Atom, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Alisha, G. D., & Muflihah, M. (2020). Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran word square dan scramble pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Prosiding Seminar Nasional Kimia, 1(1), 3.

Del Carlo, D. I., & Bodner, G. M. (2004). Students’ Perceptions of Academic Dishonesty in the Chemistry Classroom Laboratory. Journal of Research in Science Teaching, 41(1). 47-64.

Erlina., Rona., Efridah, E., & Rizki, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Wordsquare untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa Pada Pokok Bahasan Koloid Di Kelas XI SMAS Cerdas Murni. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(1), 159–163.

Fitri, I.Y. (2011). Efektivitas penerapan model pembelajaran word square terhadap motivasi belajar dan restasi belajar kimia peserta didik kelas XI Semester 2 SMAN 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2010/2011. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191.

Nurchayatun, D., Saputro, A. N. C., & Yamtinah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dilengkapi Media Word Square Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia Siswa Kelas X Ips 2 Sma N 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 16–23.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1): 470-477

Sianturi, F. V., & Damanik, M. (2022). The Development of Learning Media “Adobe Animate” In Hydrocarbon Material. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(11), 983-993.

Thobroni, M., Aif ,M. (2013). Belajar & pembelajaran : Ar-ruzz media. Jogjakarta.

Wati, R., (2016). Hasil Belajar Media Word Square. Jurnal pendidikan serambi ilmu, 25 (2).




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.9941

Article Metrics

 Abstract Views : 490 times
 PDF Downloaded : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muttakin Muttakin, Ucia Mahya Dewi

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter