ANALISIS PENGGUNAAN METODE MENGAJAR (METODE DEMONSTRASI, METODE EKSPERIMEN, METODE INQUIRY, DAN METODE DISCOVERY DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI)

Feliza Paramitha Sinaga, Jurhana Jurhana, Yusrita Yusrita, M. Hidayat M. Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan prinsip-prinsip dan prosedur penggunaan metode mengajar setra jenis-jenis metode mengajar, kelebihan-kekurangan dalam penggunaan metode dalam proses pembelajaran, serta capaian yang tepat sasaran. Metode yang digunakan adalah metode kualtitatif jenis penelitian yang dipakai adalah study kasus yang diperoleh melalui wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah Guru fisika SMAN 11 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa jenis metode mengajar di kelas seperti metode demonstrasi, metode eksperimen, metode inquiry, dan metode discovery. Di mana guru selalu membuat RPP untuk setiap satu semester. Menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa, mengelola literatur, sumber belajar dari buku , dan media lainnya yang sesuai dengan materi pembelajaran. Serta memiliki keterampilan guru dalam mengelola kelas melalui metode mengajar.

Keywords


Proses Pembelajaran pengajaran, metode, guru

Full Text:

PDF

References


Armadi. S. (2016). Peranan Metode Mengajar Terhadap Penguasaan Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Intelegensia. 1(1).

Fatonah, U., Wirayuda, R. P., Wibisono, G., & Sakahuni, S. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGAI PENUH PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(2), 145-152.

Harefa. A, R. (2019). Peran Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Warta Edisi: 60.

Hartawan. I, K, A, Tastra. I, D, K & Pudjawan. K. (2014). Pengembangan Portal E- learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Di SMA DWIJENDRA Denpasar. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. 2(1).

Machmud & Muslimin. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang : Penerbit Selaras.

McComas. W, F. (2015). The Nature of Science & amp; the Next Generation of Biology Education. The American Biology Teacher. 77(7). 485–491.

Nisa. A. (2015). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2(1).

Pane. A & Dasopang. M, D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3(2).

Somantri. G, R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara, Sosial Humaniora. 9(2).

Titus. H, H. (1959). Living Issues In Philoshophy, New York: American Book Company.

Vandini. I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif. 5(3).

Widiyati. A. (2004). Metode Mengajar Sebagai Strategi Dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 3(1).

Widyatiningsih. R. (2002). Pembentukan Pengrtahuan Sains, Teknologi dan Masyarakat dalam Pandangan Pendidikan IPA. Educare: Jurnal Pendidikan dan Budaya. 1(2).

Wirayuda, R. P., Darmaji, D., & Kurniawan, D. A. (2022). Identification of Science Process Skills and Students' Creative Thinking Ability In Science Lessons. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 129-137.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.7830

Article Metrics

 Abstract Views : 683 times
 PDF Downloaded : 330 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Feliza Paramitha Sinaga, Jurhana Jurhana, Yusrita Yusrita, M. Hidayat M. Hidayat

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter