PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KUIS

Izzatus Sholiha, Faradhillah Faradhillah, Muliani Muliani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Mobile Learning berbasis Android terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Gerak Lurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (Mix Method) dengan desain Sequential Exploratory yang menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif secara berurutan. Dengan menggunakan metode pre experimental desain One Group Pretest-Posttest dan metode pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Adapun kelayakan media Mobile Learning sebesar 87,6%, kemenarikan dan kemudahan Mobile Learning oleh guru sebesar 90,9%, serta kemenarikan dan kemudahan Mobile Learning oleh siswa sebesar 92,7%. Secara keseluruhan produk Mobile Learning berbasis Android pada materi Gerak Lurus layak, menarik, memudahkan, dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil Uji One Sample T-Test diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (22.578 > 1.684) dan menunjukkan bahwa tes awal (pretest) rata-rata pemahaman konsep siswa kelas X MIA 3 adalah 52,08, sedangkan tes akhir (posttest) rata-rata kelas X MIA 3 adalah 79,02 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media Mobile Learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas X MIA 3.

Keywords


Pembelajaran Android, Pemahaman Konsep , Mix Method, Mobile Learning

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Rihandoko, A. (2018). Pengembangan Media Mobile Learning Appypie Android Berbasis

Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi di Tingkat

SMA/MA. Skripis, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ibrahim, N., & Ishartiwi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning

Berbasis Androidmata Pelajaran IPA Untuk Siswa SMP. Jurnal Refleksi Edukatika,

Vol.8(1), 2087-9385.

Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning

Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. Jurnal Kajian

Teknologi Pendidikan, Vol.1(2), 141-148.

Kuasaputra, I., & Soewito, B. (2014). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Lima

Bahasa Kasih Untuk Anak Usia 5-8 Tahun. DKV Adiwarna , Volume 1 (4),13.

Listiaji, P. (2015). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Penunjang

Pembelajaran Fisika Pada Materi Hukum Gravitasi Newton Untuk Siswa SMA.

Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Setiawati, N., Kartika, I., & Purwanto, J. (2018). Pengembangan Mobile Learning (MLearning) Berbasis Android Berbasis Moodle Sebagai Daya Dukung Pembelajaran

Fisika di SMA. Disajikan Pada Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika ke-2

(https://core.ac.uk) diakses 27 februari 2021.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan

Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Edukasi Islam:Jurnal Pendidikan Islam, Vol.7

(2), 229-243.

Yuniati, L. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Efek Doppler

Sebagai Alat Bantu Dalam Pembelajaran Fisika Yang Menyenangkan. Jurnal

Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol: 2(2), 93-94




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.7320

Article Metrics

 Abstract Views : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Izzatus Sholiha, Faradhillah Faradhillah, Muliani Muliani

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter