PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN SIMULASI PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS XII

Mega Putri Rizki, Halimatus Sakdiah, Fajrul Wahdi Ginting

Abstract


Penelitian pengembangan LKPD berbasis Guided Discovery Learning menggunakan simulasi PhET ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik, validitas, kelayakan, respon peserta didik terhadap LKPD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian terdiri dari 28 peserta didik kelas XII IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan 29 peserta didik kelas XII IPA-2 sebagai kelas kontrol. Hasil yang diperoleh: 1) LKPD dinyatakan ”sangat valid” dengan persentase 92,30% dari ahli materi dan 96,11% dari ahli media; 2) LKPD ”sangat layak” digunakan dengan persentase 94,62%; 3) hasil respon peserta didik ”sangat baik” dengan persentase 90,12%; 4) nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,78 di kelas eksperimen dengan kriteria “tinggi” dan 0,51 di kelas kontrol dengan kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD valid dan layak digunakan, memperoleh respon yang sangat baik dari peserta didik, serta dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas eksperimen.

Keywords


LKPD, Guided Discovery Learning, Simulasi PhET, Listrik Dinamis, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Apriani, N., Hakim, L., & Sulistiawati, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Discovery untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Sifat Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 55.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Sma Kelas X. 4(August), 94–103.

Firmansyah, J., & Wulandari, S. (2016). Implementasi Model Belajar Konstruktivis dalam Pembelajaran sika untuk Mengubah Miskonsepsi Ditinjau dari Penalaran Formal Peserta didik. Serambi Akademica, IV(1), 18–27.

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Peserta didik Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1611

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Ubaidillah, M. (2016). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal EduFisika, 01(02), 9–20.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.7305

Article Metrics

 Abstract Views : 244 times
 PDF Downloaded : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Halimatus Sakdiah, Mega Putri Rizki, Fajrul Wahdi Ginting

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter