PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PLATFORM SIGUM BERBANTUKAN MEDIA ZOOM DENGAN PLATFORM SIGUM BERBANTUKAN MEDIA GOOGLE MEET PADA MATERI FLUIDA STATIS

Greifhya Amanda, Syafrizal Syafrizal, Halimatus Sakdiah, Juniati Juniati

Abstract


SIGUM (Sistem Informasi Guru Mengajar) ini merupakan aplikasi belajar daring yang berguna sebagai evaluasi proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan platform SIGUM berbantukan media zoom dengan platform SIGUM berbantukan media google meet pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil adalah kelas kelas XI semester ganjil 2021/2022 SMA Negeri 2 Binjai. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sampel yang diambil adalah kelas XI PMS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PMS 6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari Pretest dan Posttest. Rata-rata nilai Pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 40,00 dan 38,83, sedangkan nilai rata-rata Posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 76,33 dan 66,67. Uji analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan taraf signifikan α = 0,05 pada hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikan (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,000 dan dikarenakan nilai dari probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 maka  = ditolak dan  = diterima. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran zoom lebih tinggi dibandingkan menggunakan media pembelajaran google meet. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbandingan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan platform SIGUM berbantukan media zoom dan google meet pada materi fluida statis.

Keywords


Hasil Belajar, Platform SIGUM, Zoom, Google Meet, Fluida Statis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2 . Jakarta: Bumi Aksara.

Dharma, K.B., dan Firosalia, K., (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Menggunakan Aplikasi Zoom dan Google Classroom Terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Rokania. 6 (1). 46-60.

Haqien, Danin., dan Rahman, A.A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 5 (1). 51-56.

Hidayati, N.B., Muliati, S., dan Laili, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Platform E-learning Madrasah dan Zoom Cloud Meeting Di MAN 1 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika. 2 (2). 133-142.

Sadikin, A., dan Afreni, H., (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6 (2). 214-224.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta

Rahayu, S., dan Fahimul, A. (2021). Perbandingan Pembelajaran Daring Dengan Video Dan Zoom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Simki Pedagogia. 4 (1). 33-46

Wahyuni, Vivin Nur. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Meet Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Al-Islam Plus Krian Sidoarjo.

Zannah, P.Z., Diah, M., Fathiah, A. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Zooming Presentation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Edusains. 6 (2). 211-216.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.7116

Article Metrics

 Abstract Views : 129 times
 PDF Downloaded : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syafrizal Syafrizal, Greifhya Amanda, Halimatus Sakdiah

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter