PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATERI GERAK LURUS KELAS VIII SMP/MTS

Siti Maulidya Salsabila, Rozanna Dewi, Halimatus Sakdiah

Abstract


Penelitian pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk, respon peserta didik, serta untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini terdiri dari 25 siswa kelas VIII SMP N 2 Dewantara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan telah dinyatakan layak berdasarkan penilaian: 1) Tingkat kelayakan media video animasi oleh ahli media diperoleh persentase skor sebesar 82% dan ahli materi diperoleh persentase skor sebesar 80% dengan kriteria penilaian “sangat layak”; 2) Tingkat penilaiankepraktisan oleh guru IPA di sekolah dengan memperoleh persentase skor sebesar 86,65% dengan kriteria “sangat praktis”; 3) Hasil respon peserta didik “sangat baik” dengan tingkat penilaian keefektifan media dari peserta didik melalui uji coba produk pada kelompok kecil yaitu diperoleh persentase skor sebesar 80,16% dan uji coba pemakaian pada kelompok besar diperoleh persentase skor sebesar 86,73% dengan kriteria penilaian “sangat efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis powtoon pada materi gerak lurus yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kelebihan dari produk ini yaitu penggunaannya praktis dan desain tampilan yang menarik. Serta kekurangannya yaitu memerlukan jaringan internet stabil dan kapasitas memori yang besar untuk menyimpannya.

 


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, ADDIE, Video Animasi, Powtoon

References


Awalia, I., Pamungkas, S. A., & Alamsyah., P. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1):49-56.

Bastiar, A. I. (2013). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas Dua Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di SD Labschool Unnes. Skripsi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unes: Semarang.

Ilmi, N., & Tajuddin, R. (2021). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Sains dan Manusia, Vol.1.

Munir, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 2.

Rachmadyanti, P., & Gunansyah, G. (2020). Pengembangan Ebook Untuk Mata Kuliah Konsep Dasar IPS Lanjut bagi Mahasiswa PGSD UNESA. Jurnal Riset Pedagogik, Hal. 83-93.

Rosdiana, R., Chodijah, S., & Mahajani T. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran RISSCA Dalam Perkuliahan Kajian Kurikulum Bahasa Dan Satra Indonesia Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Ilimiah, Volume 4, Nomor 4.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Ruhiat, & Nulhakim. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 8.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.5677

Article Metrics

 Abstract Views : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Maulidya Salsabila, Rozanna Dewi, Halimatus Sakdiah

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter