PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI UNGGUL SUBULUSSALAM

Muliani Muliani, Faradhilla Faradhilla, Safitri Maya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di SMAN Unggul Subulussalam. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN Unggul Subulussalam pada bulan Desember 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan jumlah siswa 20 orang. Kelas eksperimen dalam perlakuannya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning sedangkan dikelas kontrol menggunakan model Direct Instruction pada saat proses pembelajaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji Independent Sample Test. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif  posttest kelas eksperimen sebesar 70,75 dan kelas kontrol sebesar 65. Pada uji Independent Sample Test hasil signifikan (2-tailed) 0,911 < Sig 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. Nilai hasil belajar afektif menunjukan persentase tertinggi pada kriteria sangat baik sebesar 90,9% dan kriteria baik 9,1%. Nilai hasil belajar psikomotorik menunjukan persentase tertinggi pada kriteria sangat baik sebesar 73,9% dan kriteria baik sebesar 17,1%.  Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa setelah penggunaan model project Based learning pada materi Fluida Statis ditetapkan di SMAN Unggul Subulussalam tahun ajaran 2020/2021.


Keywords


Hasil Belajar, Model Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Abdul Syakur, Lailatul Musyarofah, Sulistiyaningsih, Wike. (2021). The Effect of Project-Based Learning (PjBL) Continuing Learning Innovation on Learning Outcomes of English in Higher Education. Budapest International Researchand Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal. 13 (11): 625-630

Alghaniy Nurhadiyati , Rusdinal , Yanti Fitria. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(1), 327-333

Dahar & Ratna Wilis. (2011). Teori-teori belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Eneng Hernawati. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi Jurnal Diklat Teknis. VI (2): 118-131

Ifa Ibriza Rahmatun Nisa, Hary Suswanto, I Made Wirawan. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi Dua Dimensi Kelas XI Jurusan Multimedia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(8), 1050—1053

Redina Simbolon, Henny Dewi Koeswanti. (2020). Comparison Of Pbl (Project Based Learning) Models With Pbl (Problem Based Learning) Models To Determine Student Learning Outcomes And Motivation. International Journal of Elementary Education. 4 (4), 519-529

Rosviana Manik dan Syahwin. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Pada Materi Gerak Harmonik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Physics and Science Learning. 2 (2), 33-38

Saerozi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berorientasi Ecopreneurship dan Motivasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pengelasan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 17(1), 43-49




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5274

Article Metrics

 Abstract Views : 494 times
 PDF Downloaded : 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muliani Muliani, Faradhilla Faradhilla, Safitri Maya

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter