PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 1 LHOKSUKON

Nanda Novita, Halimatus Sakdiah, Mutia Asrita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak melingkar di SMAN 1 Lhoksukon. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequievalent Group Design. Proses pengambilam sampel berdasarkan  Purposive Sampling, sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen  dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa dan Kelas X IPA 4  sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data mengunakan Software SPSS Ver 2018 dengan uji Independent Sample T Test. Hasil  penelitian diperoleh   Signifikan (2-tailed) 0,000 <  0,05. Sehingga hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match  terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak melingkar di SMAN 1 Lhoksukon.

 


Keywords


Model Pembelajaran Make A Match, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arniyawati, I. C. (2017). Analisis Kemanpuan Berpikir Kritis Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Implusif pada Pembelajaran Biologi melalui Model SQ3R (Survey, Question, Read, Review, Recite) dengan Media Kartu Bergambar. Bio-Pendagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, Vol. 6 No. 2 Tahun 2017.

Dwi Maisarah, G. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume: 2, No: 1.

Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Kaliky, S., Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Jurnal Matematika dan Pembelajaran.

Makmur Sirait, P. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI, Volume 1, Nomor 3, Oktober2013.

Nurdyansyah, E. f. (2016). Inovasi Model pembelajaran Sesui Kurikulum 2013. sidoarjo: Nizami Learning Center.

Nurhidayah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Model Creative Problem solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Kelas XI MAS Muallimin Univa Medan. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALfabet.

Sukroni. (2014). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siwa SDN Sajira Pada Materi IPA Konsep Ekosistem. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i1.3874

Article Metrics

 Abstract Views : 576 times
 PDF Downloaded : 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nanda Novita, Halimatus Sakdiah Mutia Asrita

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter