PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PANTE CEUREUMEN

Nanda Novita, Halimatus Sakdiah, Rini Hasna Junaida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Think pair share terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMAN 1 Pante Cereumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain Nonequivalent Control Grup Desain dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan di kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 27 orang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan aplikasi SPSS 18. Berdasarkan hasil analisis untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap peningkatan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata tes tertulis berupa pretes dan postest. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 82,26 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesarĀ  75,30. Pada uji hipotesis data uji independent sample t test siswa dari tes awal dan tes akhir diperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,00 lebih rendah dari 0,05. Pada uji n-gain score kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata gain sebesar 47,75% dengan katagori sedang dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata gain sebesar 30,07% dengan katagori rendah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus kelas X di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen tahun ajaran 2020/2021.


Keywords


Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arifin, P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar fisika Materi Fluida Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Baru. Jurnal Pattingallong .

Hardyanti, A. K., Auliah, A., & Dini, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair share Untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa kelas XI Mia. 2 SMA Negeeri 3 Model Takalar (Studi pada materi pokok larutan asam-basa). Jurnal Chemica .

Irwansyah, M., Mahardika, K., & Supriadi, B. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Kelas XI IPA 3 MAN 1 JEMBER. Jurnal Pembelajaran Fisika .

Lie, A. (2007). Kooperatif Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidika.

Nurdin, E. A., Apriyanto, B., Ikhsan, F. A., & Kurnianto, F. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran Think Pair and share ditinjau dari kemandirian belajar terhadaap hasil belajar ips siswa . jurnal Pendidikan ekonomi .

Pangkali, T., Sinon, L. I., & Widyaningsih, S. w. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Gelombang Mekanik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi.

Pratiningsih, J. A., Sahidu, H., & Kosim. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Man Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi.

Rahayu, A., & Purwwankantoro, J. (2013). Pengaruh Model Pembeljaran Think Pair Share dengan Strategi Index Card Match Terhadapa Hasil Belajar siswa pada strandar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Di SMK Negeri Madiunr . Jurnal Pendidikan Elektro.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabet.

Wasyilah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Banda Aceh : niversitas Islam Negeri Ar-Raniry.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.3776

Article Metrics

 Abstract Views : 208 times
 PDF Downloaded : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rini Hasna Junaida, Nanda Novita, Halimatus Sakdiah

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter