PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Cut Naimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-5 semester 1 yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 10 siswa putra dan 14 siswa putri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observsasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, dan data tentang refleksi siswa terhadap pembelajaran yang diambil dari angket pada setiap akhir pertemuan. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: (1) apabila≥ 70% dari jumlah siswa berkategori tuntas dengan criteria tuntas belajaran apabila nilai hasil evaluasi pada siklus I, II, ≥ 65, (2) apabila aktivitas siswa dalam pembelajaran≥ 70% yang diukur dengan melihat lembar observasi siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,75 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 60,71%. Aktivitas siswa 63,64% persentase kemampuan guru 73,44 %. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,25 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 71,43% dan aktivitas siswa 75,00%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas XI MIPA-5 semester 1 pada materi elastisitas bahan.

Keywords


Discovery Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

References


Akhmad Yazidi. (2014). Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (The

Understanding Of Model Of Teaching In Curriculum 2013). Jurnal Bahasa, Satra, Dan Pembelajarannya.

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam Kurikulum 2013 The Role Of Teacher In Curricullum 2013.

Aspirasi.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery

Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal

Pendidikan Kimia Indonesia. Https://Doi.Org/10.23887/Jpk.V1i1.12808

Puspitasari, D., Prastowo, S., & Prihandono, T. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Tentang

Elastisitas Di Kelas Xi Sma. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017, Issn : 2527-5917.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery

Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar Pgsd Universitas

Pendidikan Ganesha.

Sappaile, B. I., Djaman, N., Ba’ru, Y., Kadir, K., & Darwis, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran

Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Smp

Negeri Di Kota Rantepao. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran

Semarang. Https://Doi.Org/10.31331/Medives.V2i2.597

Siswono, H. (2017). Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika

Siswa. Momentum: Physics Education Journal. Https://Doi.Org/10.21067/Mpej.V1i2.1967

Sutrisno. (2017). Problem Based Learning Sebagai Suatu Strategi Pembelajaran Untuk MenumbuhKembangkan Atmosfer Kebebasan Intelektual. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains.

Wahjudi, E. (2015). Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Sebagai Upaya Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ix-I Di Smp Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lentera Sains

(Lensa).




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.3342

Article Metrics

 Abstract Views : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Cut Naimah

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.