PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG DI SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON

Nurlaila Nurlaila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dengan model Learning Cycle  5E pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Aron Tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Aron yang terlaksana sebanyak dua siklus. Sebelum dilaksanakan siklus I peserta didik diberi tes awal (pra siklus), dan setelah itu dilaksanakan siklus I dan siklus II. hasil keterampilan proses sains pada siklus I pertemuan 1 memiliki krateria cukup baik sedangkan pada pertemuan 2 sampai dengan siklus II pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan dengan kriteria baik.  Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Aron Tahun pelajaran 2018/2019.


Keywords


Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Peserta didik, Model Pembelajaran Learning Cycle 5e

References


Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fajroh dan Dansa. 2007. Pembelajaran dengan Siklus Belajar. Malang: UM Press.

Ginting, E. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Berbasis Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya. Jurnal Pendidikan Fisika Unmed (25-30).

Indrawati. 1999. Keterampilan Proses Sains: Tinjauan Kritis dari Teori ke Prakti. Bandung: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Kamdi, W, dkk. 2007. Model-Model Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kulsum, U., dan Hindarto. 2011. Penerapan Model Learning Cycle pada Sub Pokok Bahasan Kalor untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7(2011): 128-133.

Maghfiroh, K. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Penugasan Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X-Cambridge Ma Bilingual Batu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.

Majid, A. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. 2013. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Nuriani, R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPI.

Prajoso, D. 2015. Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe 5e untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X MA Al-Khairat Pusat Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, Vol. 3 No. 4: (43-48).

Purniati, Tia. Sispiyati, Ririn & Yulianti, Kartika. (2009). Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Kapita Selekta. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmawati dan Sofyan. 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Prestasi Pustakarya.

Slameto. 1995. Belajar dari Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widayanto. 2009. Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X melalui Kit Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 5 No. 1, Januari 2009

Winataputra, dkk. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jember: Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.3226

Article Metrics

 Abstract Views : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurlaila Nurlaila

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.