PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENINGKTAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 MATARAN TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i2.1791Keywords:
Pembelajaran Learning Cycle 5e, Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 52,39 dan kelas control sebesar 47,91. Hasil tes akhir menunjukan rata-rata kelas ekperimen sebesar 81,93 dan kelas kontrol 71,34. Data tes akhir peserta didik kelas sampel dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 3,78 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,000, maka thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019.References
Asriyadin, Yusiran, Hafidah Nurul Fikri, (2016). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sman 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 63.
Eva M. Ginting dan Harin Sundari, (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cyclnne Berbasis Eksperimen Terhadaphasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Zat Dan Wujudnya. jurnal pendidikan fisika ,1(2), 62.
Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Nenen Shanti W, Ukit, (2017). Peningatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning Cyclle 5E) Pada Konsep Sistem Ekskresi. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 19.
Ira Nofita Sari, Dwi Fajar Saputri, Yupensius Beno,(2016). Penerapan Model Learning Cycle 5E Dalammateri Besaran Dan Turunan Di Kelas VII SMP NEGERI SENGAH TEMILA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 281.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Nismalasari, Santiani, dan H.Mukhlis Rohmadi, (92). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. 4(2), 92.
Niluh Asriniasih, Sugiarti, Netti Herawati, (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Melalui Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Kimia Siswa Kelas VIII SMPN 30 Makassar (Studi pada Materi Pokok Bahan Kimia. Jurnal Chemica, 15(1), 9.
Helni Senindra, Muhammad Muslim, dan Apit Fathurohman, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Prabumulih. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3.
M A Tyas , Mulyono, Sugiman, (2015). Keeektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X. Unnes Journal Of Mathematics Education, 4(3), 262.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).