PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i2.1790Keywords:
Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Pembelajaran FisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa fisika pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sluster Random Samling. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian pretest-posttest control grup desain. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel = 2,021 dan thitung = 8,35, maka diketahui nilai thitung (8,35) ttabel (2,021) dengan dk yang besarnya dk = n1 + n2 - 2 dengan taraf signifikansinya 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel pada taraf sisgnifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
Ayunin, Q., Indrawati, & Subiki. (2016). Penerpan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Pemebalajaran Fisika Materi Listrik Dinamis Di SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2),150.
Bahtiar. (2015). Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA). Mataram: CV Sanabil.
Ernita, N., Harjono, A., & Sridana, N. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 8 Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Lensa, 1(2), 104-107.
Fairuzabadi, A., Prihandono, T., & Purta, P. D. A. (2017). Penerapan Model Pembelajarran Inkuiru Terbimbing dengan Video Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA pada Materi Suhu dan Pengukurannya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 107.
Indra, D. N. L., Darmadi, I. W., & Ali, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Akuisisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(2), 1.
Kurniawati, D., Masykuri, M., & Saputro, S. (2016 ). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hukum Dasar Kima Siswa Kelas X MIA 4 SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kima (JIPK), 5(1), 94.
Nasution, R., Bukit, N., & Ginting, E. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kreativitas Terhadap Kognitif Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 5-102.
Nugroho, S., Suparmi, & Sarwanto. (2012). Pembelajaran IPA dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Riil dan Virtual Ditinjau Dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 1(3), 243.
Nurcahyati, K., Distrik, I. W., & Wahyudi, I. (2018). Pengaruh LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Of Physics and Science Learnig, 02(2), 7.
Puspaningtyas, K., & Suparno. (2017). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Analilis dan Keterampilan Proses Sains. Indonesia Journal of Science and Education, 1(1), 10.
Sadirman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiarti. (2018). Penilaian Psikomotorik Siswa pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inkuiry. Journal of Physics and Science Learning, 02(1), 79-83.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).