PENGGUNAAN DHT11 DAN ARDUINO UNO SEBAGAI PENDETEKSI SUHU PADA LAPTOP

Dinda Hardianti, Mutia Rizki, Fajri Yanti

Abstract


Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik atau komputer yang membantu pekerjaan manusia yang  sangat sering digunakan. Penggunaan laptop yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan laptop menjadi panas/overheat. Jika dibiarkan akan menimbulkan masalah pada laptop. Overheating merupakan salah satu  penyebab utama kerusakan hard drive. Kerusakan ini dapat dicegah dengan menggunakan software sensor suhu, salah satunya adalah DHT11 dan Aduino Uno. DHT11 adalah salah satu sensor yang digunakan untuk mengukur suhu dan kelembaman (humidity). Sedangkan Aduino  Uno adalah kit atau papan rangkaian elektronik yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler. Mikrokontroler pada arduino dapat di program menggunakan komputer sesuai kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat alat pendeteksi suhu pada laptop dengan menggunakan sensor DHT11 sebagai sensor suhu pada laptop yang diteliti, mikrokontroler ATMega328P sebagai pemrosesan data dan memanfaatkan teknologi kode pemrogram sebagai sarana informasi secara cepat dan akurat. Penggunaan Arduino uno sebagai sistem pengendali pada alat pendeteksi dengan menggunakan kode pemrogram dan sebagai hasil output yang dikeluarkan pada laptop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan model prototype. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada berbagai merek laptop, hasil menunjukkan bahwa suhu ketiga merek laptop masih dalam keadaan baik dan ideal. Secara umum hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Alat pendeteksi suhu yang dirancang dapat mengukur suhu pada laptop secara terus menerus, 2) Sistem dapat memberikan informasi suhu pada laptop kepada pengguna secara tepat dan akurat. 3) Alat pendeteksi dapat mendeteksi suhu dan melihat suhu ideal, suhu normal dan suhu yang tidak stabil.


Keywords


Alat pendeteksi, mikrokontroller, pendeteksi suhu,

Full Text:

PDF

References


Wibowo Adi (2012). Perancangan Dan Realisasi Sensor Suhu Dan PendinginLaptop Menggunakan Sistem Pendingin Air Pada Pc. ¹Teknik Telekomunikasi, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom.

Agung, I. G. A. Putu Raka dan Susanto, I. M. Irawan. (2012). Rancang Bangun Prototype Penghitung Jumlah Orang dalam Ruangan Terpadu Berbasis Mikrokontroler ATMega328P Teknologi Elektro.

Agusman. (2007). Aplikasi Pengontrolan Peralatan Listrik Rumah Berbasis SMS”. Skripsi. Bandung: Fakultas Teknologi Informasi Universitas Komputer Indonesia.

Ardiyanto, L. dan Sumiharto, R. (2012). Implementasi jaringan Sensor Nirkabel Berbasis Xbee Studi Kasus Pemantauan Suhu dan Kelembaban. IJEIS.

Awaj, M. F; Rochim, A. F dan Widianto, E. D. (2013). Sistem Pengukur dan Kelembaban Ruang Server. Makalah pada Seminar Tugas Akhir, Semarang. Jawa Tengah.

Aziz, M. A. (2009). Kontrol Lampu pada Gedung Bertingkat Berbasis Personal Computer (PC. Skripsi. Malang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Malang.

Azwar; Herman; Kristiyana, S dan Syariyuddin. (2008).Alat Telementri Suhu Menggunakan Media SMS. Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi. Yogyakarta.

Candra, R. (2006). Alat Pemantau Suhu Ruangan Melalui Web Berbasiskan Mikrokontroler AT89S51. Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen. Depok.

Cahyawan, A. A. K. Agung. (2011). Sistem Monitoring dan Kendali Ruang Server dengan Embedded Ethernet. Lontar Komputer.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1463

Article Metrics

 Abstract Views : 2643 times
 PDF Downloaded : 416 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dinda Hardianti, Mutia Rizki, Fajri Yanti

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter